Bawaslu Jateng Nyatakan Deklarasi 31 Kepala Daerah Melanggar, Wali Kota Solo Siap Dipecat Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo, Minggu (24/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.com -Wali Sota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menyerahkan sepenuhnya hasil pemeriksaan deklarasi 31 kepala daerah dari PDIP yang mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (26/1) ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Bahkan Rudy siap dipecat jika niatannya memberi dukungan pada pasangan nomor 01 dinilai melanggar aturan netralitas sebagai kepala daerah.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (MP/Ismail)

Sebelumnya pada Sabtu (23/2) Bawaslu Jawa Tengah mengeluarkan pernyataan kalau deklarasi 31 kepala daerah melanggar aturan yang dimaksudkan bukan kampanye, tetapi netralitas sebagai kepala daerah sebagaimana diatur Pasal 1 ayat (3) dan Pasal 61 ayat (2) Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

"Kita deklarasi sebagai petugas kader, bukan sebagai Wali Kota Solo, kok diaggap melanggar," ujar Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo pada MerahPutih.com, Minggu (24/2).

Rudy menegaskan siap menerima konsekuensinya kalau diangap melanggar dalam memberi dukungan pada Jokowi-Ma'ruf Amin di pilpres 2019. Bahkan, kalau dipecat sekalipun, ia siap menerimanya.

"Saya punya hak untuk ikut berkampanye memenangkan pasangan capres dan cawapres nomor 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Apalagi, jabatan saya juga sebagai Ketua DPC PDIP Solo," papar dia.

Sebagai ketua DPC PDIP, juga mendapatkan tugas memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin. Ini konsekuensi menjadi petugas partai sekaligus sebagai Wali Kota Solo.

"Sama halnya dengan Jokowi diusung parpol kolisi kerja. Saya hadir diacara deklarasi juga sebagai petugas partai," kata dia.

Mantan wakil wali kota Solo saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo ini menegaskan acara deklarasi pemenangan tersebut juga diselenggarakan pada hari libur. Hal itu sesuai aturan KPU.

Deklarasi dukungan Kepala Daerah Jawa Tengah terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf
Ganjar Pranowo bersama 31 kepala daerah di Jawa Tengah deklarasi dukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Hotel Alila, Solo Jawa Tengah, Sabtu (26/1).(MP/Ismail)

"Saya belum menerima surat pemberitahuan terkait pelanggaran netralitas dari Bawaslu Jateng. Kita siap apapun resikonya," kata dia.

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Solo dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH