Bawaslu Desak KPU Copot Dua Anggota PPLN Malaysia Anggota Bawaslu Rahmat Bagja (Foto: Antaranews)

MerahPutih.Com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mencopot dua petinggi Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Malaysia.

Kedua PPLN Malaysia itu ialah Wakil Duta Besar, Krishna KU Hannan, dan Djadjuk Natsir selaku penanggung jawab pemilihan melalui metode pos.

"Bawaslu merekomendasikan keduanya untuk diberhentikan dari PPLN, untuk menjaga profesionalitas dalam penyelenggara Pemilu di Kuala Lumpur agar berjalan dengan baik," ujar Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja di Kantor KPU RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (16/4).

Menurut Rahmat, rekomendasi pemecatan ini bertujuan untuk menjaga profesionalitas dalam penyelenggaraan pemilu di Kuala lumpur agar berjalan dengan baik.

Lokasi penggerebekan surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia
Polisi Diraja Malaysia (PDRM) Kajang memasang garis polisi di lokasi penemuan surat suara Pemilu 2019 yang diduga sudah dicoblos di sebuah rumah toko Jalan Seksyen 2/11 Kajang Selangor.

Lanjut dia, pemecatan itu diterbitkan atas dasar kesimpulan bahwa, pemungutan suara Pemilu 2019 melalui metode pos di wilayah Kuala Lumpur tidak sepenuhnya sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang diatur dalam peraturan perundang-undangan Pemilu.

"Hal itu menyebabkan penemuan surat suara Pemilu yang sah diduga telah tercoblos oleh bukan Pemilih yang sah dan belum tercoblos oleh Pemilih yang sah di lokasi Taman University SG Tangkas 43.000 Kajang dan di Lokasi Bandar Baru Wangi, Selangor, Malaysia," jelas Bagja.

Disamping itu juga, kata Rahmat, Bawaslu juga meminta KPU untuk melakukan pemungutan suara ulang khusus metode via pos di Kualu Lumpur, Malaysia. Tercatat ada 313.193 pemilih yang masuk dalam metode pos di Malaysia, sesuai data dari PPLN setempat.

"Bawaslu merekomendasikan pemungutan suara ulang metode pos di Kuala Lumpur. Rekomendasi ini disampaikan untuk memenuhi hak pilih dari pemilih di sana," tutupnya.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH