JFW 2023
Bawakan Tema 'Beyond Transformation', JFW 2023 Tampilkan Makeup Color Block Color block atau permainan warna adalah konsep utama yang diterapkan dalam makeup JFW 2023. (Foto: MP/Nabila Febria Tifanny)

LAMPU sorot di titian peraga berubah menjadi jingga kemerahan. Enam model berbusana kemben dan kebaya seperti perempuan Bali menyeruak.

Riasan mata dwiwarna biru dan putih menjadi salah satu highlight dalam peragaan busana serba putih-cokelat itu. Meski tampak kontras sendiri dengan warna terang, riasan mata itu tetap cocok di seluruh kulit model yang beragam. Mulai dari yang berkulit cerah hingga gelap.

Warna-warna cerah itu menjadi signature dari gaya makeup penampilan di Fashion Force Awards 2022, Selasa (25/10). Dalam peragaan busana ini, ada tujuh jenama yang dihadirkan.

Yang dijelaskan di atas salah satunya. Mereka dari jenama Jumpanona. Setiap makeup yang dipakai oleh para model juga punya gaya yang berbeda-beda, bergantung pada jenamanya.

Seluruh makeup ini merupakan hasil riasan dari Make Over. Mereka menghadirkan tema "Beyond Transformation" dalam Jakarta Fashion Week (JFW) 2023. Gaya ini sendiri mengibaratkan kehidupan seseorang, terutama di bidang seni, fesyen, dan kecantikan setelah masa pandemi.

"Dunia fashion dan beauty ini, tuh, adalah sesuatu yang sangat eksploratif gitu. Jadi kayak setiap makeup enthusiast atau makeup artist yang ada harus selalu transform," ungkap Arlyn Hanessia, Head of Make Over Brand Building.

Baca juga:

KOCCA Bawa Nuansa Kultur Korea Melalui Saint Ego dan Doucan di JFW 2023

color block jfw 2023
Salah satu contoh penerapan color block adalah dengan riasan mata yang memainkan biru nan kontras pada jenama Jumpanona. (Foto: Merahputih.com/Nabila Febria Tifanny)

Menurut Nessia, setiap orang harus berani mengeksplorasi berbagai macam hal untuk bisa keluar dari zona nyaman. Ini juga termasuk berani mengeksplorasi banyak gaya dalam merias wajah.

Setiap orang bisa lebih maju (beyond) dan bertransformasi (transformation) untuk menjadi dirinya sendiri, tanpa membandingkan dirinya dengan orang lain.

Tema ini disesuaikan dengan tema utama JFW 2023 yang bertajuk "Fashion Reformation" tahun ini. Tema ini menghadirkan fesyen yang mengalami perubahan menuju hal yang lebih positif.

Dalam mendukung tema yang berani bereksplorasi, makeup yang dihadirkan memiliki gaya yang bold, edgy, dan bermain dengan color block.

Dhirman Putra, makeup artist brand ambassador dari Make Over, menyampaikan bahwa gaya ini bersifat eksperimental. Namun, ia tetap menekankan pada kecantikan yang dihasilkan dari riasan tersebut.

"Bukan cuma karakternya harus edgy. Kalau edgy kan agak keras, nah (di sini-Red) kita juga harus menunjukkan (sisi-Red.) cantiknya," tutur Dhirman.

Color block yang dimaksud di sini adalah menampilkan warna-warna cerah nan jelas dari sebuah produk riasan. Makeup look utama yang hadir dari gaya ini sendiri terletak di complexion, eye, dan lip.

Baca juga:

Wilsen Willim dan Sejauh Mata Memandang Rilis Pakaian Khas Nusantara di JFW 2023

beyond transformation jfw 2023
Setiap jenama memiliki gaya makeup yang berbeda, bergantung pada konsep koleksi busana yang dibawakannya. (Foto: Merahputih.com/Nabila Febria Tifanny)

Ada lima jenis warna yang menjadi warna utama dalam makeup ini, yaitu merah, pink, fuschia, cokelat, dan gold. Ide makeup eksperimental ini hadir dari pihak Make Over sendiri, sesuai dengan tema dan campaign yang dibawakan.

Mereka secara khusus bekerja sama dan mengajukan ide ini kepada pihak Jakarta Fashion Week melalui Head Makeup Artist, Kiki Franky.

Setelah diterima, mereka akan mengadakan pertemuan dan brainstorm bersama ketujuh desainer yang terdiri atas ANW, Bluesville, Tigah, Hijack Sandals, Jumpanona, Mote-Mote, dan K.A.L.A Studio.

Setiap desainer akan mendiskusikan makeup yang sesuai dengan desain busana yang mereka bawakan, apakah sudah cocok atau belum. Jika pun ada yang kurang cocok, setiap desainer dipersilakan untuk mengganti ketentuan makeup yang telah dimiliki oleh Make Over.

"Jadi, ketika ada sesuatu yang mungkin dari desainernya (kurang cocok-Red.), masih bisa di-explore agar sesuai temanya. Yang penting kita jaga adalah tema beyond transformation dan tiga makeup look utama itu masih ada," ungkap Nessia kepada Merahputih.com.

Melalui makeup ini, Nesya dan Dhirman berharap mereka bisa menginspirasi orang lain untuk semakin berani berekspresi dan maju dengan caranya masing-masing. (mcl)

Baca juga:

Perayaan Keberagaman dalam 'Cruise to Paradise' di Jakarta Fashion Week 2023

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Save The Children Suarakan Dampak Krisis Iklim
Fun
Save The Children Suarakan Dampak Krisis Iklim

Save the Children Indonesia di Jawa Barat menginisiasi Festival Film Dokumenter terkait dampak krisis iklim

Baru Diperkenalkan, New Honda Genio Sudah Terpesan 278 Unit
Fun
Baru Diperkenalkan, New Honda Genio Sudah Terpesan 278 Unit

New Honda Genio resmi dijual oleh Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS). Honda Genio tipe lama sudah terjual sebanyak 6.000 unit.

Ini Bocoran Mobil Listrik Pertama Honda, Bisa Tempuh Jarak hingga 510 Km
Hiburan & Gaya Hidup
Ini Bocoran Mobil Listrik Pertama Honda, Bisa Tempuh Jarak hingga 510 Km

Honda akan meluncurkan mobil listrik pertamanya di Tiongkok. Mobil listrik tersebut adalah Honda e:NS1 dan e:NP1.

Upaya 'Negeri Singa' Bangkitkan Kesadaran Kesehatan
Hiburan & Gaya Hidup
Upaya 'Negeri Singa' Bangkitkan Kesadaran Kesehatan

Hidup sehat telah menjadi perhatian utama bagi banyak orang selama dua tahun terakhir

3 Kebiasaan Kecil di Pagi Hari untuk Membuatmu Lebih Produktif
Fun
3 Kebiasaan Kecil di Pagi Hari untuk Membuatmu Lebih Produktif

Tips membentuk morning routine untuk hari yang lebih produktif.

Mark NCT Tampil di News Room JTBC sebagai Peramal Cuaca
ShowBiz
Mark NCT Tampil di News Room JTBC sebagai Peramal Cuaca

Mark NCT mendadak jadi peramal cuaca di program berita JTBC.

Amankah Mengonsumsi Hewan Laut Mentah?
Fun
Amankah Mengonsumsi Hewan Laut Mentah?

Di sebalik manfaatnya, ikan mentah juga menyimpan bahaya

Solusi Menyalakan Mesin Mobil Keyless ketika Baterai Remote Habis
Fun
Petualangan Mencari Jati Diri dan Cinta Sejati di 'Balada Si Roy'
ShowBiz
Fakta Seputar 'Zootopia+', Serial Spin-off Unik dari Versi Film
ShowBiz