Batuk Bisa Menjadi Gejala Kanker Paru-Paru? Waspada ketika batuk enggak sembuh selama tiga minggu (Foto: Pexels/Pixabay)

PENYAKIT batuk mungkin terlihat sepele. Penyebabnya bisa karena kamu terlalu banyak makan gorengan dan minum minuman dingin. Namun, kalau batuk kamu enggak kunjung sembuh, ada kemungkinan itu ialah gejala kanker paru-paru.

Melansir EXPRESS, Profesor George Santis, Konsultan Kedokteran Pernafasan London Bridge Hospital, mengatakan batuk yang tak kunjung sembuh merupakan gejala penyakit kanker. Dalam kasus ini kata Santis jika batuk yang diderita enggak sembuh-sembuh selama lebih dari tiga minggu.

"Gejala umum untuk kanker paru-paru termasuk batuk yang menetap selama lebih dari tiga minggu, batuk darah, sesak napas, nyeri dada, penurunan berat badan," kata Santis. Ia menambahkan jika mengalami gejala tersebut agar seseorang langsung berkonsultasi ke dokter.

Selain itu, lanjut Santis, penderita kanker paru-paru biasanya juga mengalami gejala metastasis. Yang meliputi sakit kepala, nyeri tulang hingga timbul benjolan pada kulit. Pasien yang menderita kanker paru-paru kata Santis juga sering memiliki masalah paru-paru lain seperti bronkitis.

Hindari merokok untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker paru-paru (Foto: Pexels/Basil MK)

Baca juga:

Cancerophobia, Fobia dengan Penyakit Kanker

Adanya garis-garis merah pada dahak juga merupakan gejala kanker paru-paru. Garis-garis merah bisa menjadi tanda bahwa ada darah pada lendir. Yang kemungkinannya darah tersebut berasal dari paru-paru yang sudah rusak.

Menurut Santis, dalam beberapa kasus, tumor paru-paru dapat menyebabkan gejala neurologis dengan menekan saraf. "Ini dapat menyebabkan kelopak mata terkulai atau berkurangnya keringat pada wajah," tambah Santis.

Kamu bisa menurunkan risiko terkena kanker paru-paru dengan berhenti merokok. Penting juga untuk mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi serat, yang mencakup seenggaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari.

Penyakit kanker paru-paru sangat mematikan. Sekitar satu dari tiga pasien hidup selama setidaknya satu tahun setelah didiagnosis penyakit ini. Sementara satu dari 20 pasien dapat hidup selama 10 tahun. (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH