Batu Permata Langka yang Bernilai Tinggi Masih banyak batu permata yang tersembunyi di Bumi- (Foto: Pixabay/gr8effect)

KALAU melihat film anime One Piece, Bumi masih menyimpan banyak sekali benda-benda berharga. Tak berlebihan pada kenyataannya Bumi masih menyimpan berbagai batu-batu permata langka bernilai tinggi.

Dari berbagai sumber menyebutkan ada 200 jenis batu permata yang sudah dikenal masyarakat. Batu-batu permata populer di publik hanyalah berlian, zamrud, rubi, dan safir. Padahal masih banyak batu-bati permata langka yang nilainya mahal. Dari laman-laman batu permata ada lima batu permata yang langka.

Baca Juga:

Mungil Tapi Mahal, 5 Merek Sepeda Lipat dengan Harga Fantastis

1. Taaffeite

permata
Batu permata ini sangat langka, disimpan di lembaga geologi dan pribadi. (Foto: catawiki)

Ahli permata Austria-Irlandia, Pangeran Edward Charles Richard Taaffe membeli sekotak batu yang telah dipotong dari tokoh perhiasan di Dublin pada tahun 1940-an. Kala itu ia mengira membeli koleksi spinel. Tetapi saat pemeriksaan lebih lanjut, dia mencatat bahwa salah satu permata tidak bereaksi terhadap cahaya dengan cara yang sama seperti sisa spinel, jadi dia mengirim ke ahlinya untuk dianalisis.

Hasilnya mengungkapkan kalau batu permata itu tidak dikenal. Tidak ada yang dapat menentukan riwayat batu permata. Batu permata itu menarik banyak kolektor lain memeriksa ulang koleksi spinel mereka sendiri dan sejumlah sampel lainnya yang baru ditemukan. Sumber batu itu terlacak hingga ke Sri Lanka walaupun beberapa juga ditemukan di Tanzania dan Tiongkok.

Diperkirakan terdapat kurang dari 50 contoh taaffeite, banyak di antaranya disimpan dalam koleksi geologis dan pribadi. Membuat batu permata ini begitu langka sehingga masyarakat awam tidak mungkin pernah menemukannya. Harga taaffeite antara USD1500 - USD2500 atau sekitar Rp20 juta - Rp34 juta per karat.

2. Benitoite

permata
Batu permata ini hanya ada di California. (Foto: geologyin)

Benitoite hanya ditambang di satu daerah kecil California, dekat Sungai San Benito (namanya diambil dari sana). Sayangnya penambangan batu permata ini ditutup pada tahun 2006. Jelas membuat batu permata ini semakin langka.

Batu permata ini pertama kali diidentifikasi sekitar tahun 1907 oleh ahli geologi George Louderback. Benitoite memiliki warna biru tua yang sangat menawan ketika berada di bawah sinar UV.

Batu permata ini kemudian menjadi batu permata resmi bagi negara bagian California di tahun 1985. Meskipun demikian batu permata ini dalam jumlah kecil juga ditemukan di Arkansas, Jepang, dan Australia. Namun hanya di California adalah satu-satunya tempat layak ditambang. Karena kelangkaannya itu benitoite dijual dengan harga USD10 ribu atau sekitar Rp135 juta lebih per karat.

3. Painite

permata
Hanya ada sekitar 1000 batu di seluruh dunia. (Foto: ksccrystals)

Painite pertama kali ditemukan oleh ahli permata Inggris, Arthur Charles Davy Pain, pada tahun 1951 dan diakui sebagai mineral baru pada tahun 1957. Selama bertahun-tahun hanya satu spesimen dari kristal merah gelap yang pernah ada. Batu permata ini disimpan di Museum Inggris di London. Membuatnya jadi batu yang paling langka di dunia.

Baru pada tahun 2004 ditemukan spesimen lainnya. Menurut berbagai sumber, spesimen batu permata ini yang dikenal kurang dari dua lusin. Untungnya dalam beberapa tahun terakhir, beberapa tambang di Myanmar menemukan batu permata ini meskipun dalam jumlah yang tidak banyak. Sampai saat ini baru ada sekitar 1000 batu yang dikenal. Kelangkaan permata ini telah melabelkan harga per karat lebih dari USD60 ribu atau di atas Rp800 juta.

Baca Juga:

Beda Jeans Mahal dan Murah, Sudah Tahu?

4. Alexandrite

permata
Warna-warninya disukai oleh kolektor permata. (Foto: gemrockauctions)

Batu yang dapat berubah warna menakjubkan ini ditemukan pada tahun 1830 di Pegunungan Ural, Rusia, dan dinamai sesuai nama tsar Russia, Alexander II. Pesona warna-warni ini yang kemudian menarik banyak penyuka batu permata.

Di bawah sinar matahari, batu itu tampak biru-hijau, namun kalau berada di bawah cahaya pijar batu itu menjadi merah-ungu. Antara satu batu permata yang sejenis ini memiliki tingkat perubahan warna bervariasi. Yang paling berharga adalah batu bening yang menunjukkan perubahan warna lengkap.

Meskipun beberapa contoh besar batu telah ditemukan namun sebagian besar batu permata ini hanya di bawah satu karat. Lembaga Smithsonian diketahui menyimpan batu permata ini seberat 65,08 karat. Ungtuk batu permata di bawah satu karat dinilai sekitar USD15 ribu atau Rp200 juta lebih. Sementara yang lebih besar dari satu karat dihargai USD70 ribu atau lebih dari Rp950 juta.

5. Black Opal

permata
Kekelaman dan gemerlap warnanya menjadi faktor penilaian. (Foto: blacklightningopals)

Yang dikenal oleh publik batu permata Opal biasanya berwarna putih krem. Kemudian memiliki pendaran warna pelangi.

Sementara black opal jauh lebih langka. Batu permata ini hanya ditemukan di daerah Lightning Ridge, New South Wales, Australia. Batu ini disukai orang karena kekelaman warna latarnya namun memberikan pendaran warna-warni yang terang. Semakin gelap latarnya maka semakin terang warna-warnanya yang menjadikannya lebih mahl.

Salah satu black opal paling berharga sepanjang masa adalah Aurora Australis yang ditemukan pada tahun 1938. Batu itu memiliki ukuran 180 karat dengan warna harlequin yang intens. Pada tahun 2005 dihargai sekitar USD763 ribu atau lebih dari Rp10 miliar. (arb)

Baca Juga:

Ini Dia Bandara Paling Mahal di Dunia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Irian Jaya Barat Resmi Berubah Menjadi Papua Barat
Fun
Irian Jaya Barat Resmi Berubah Menjadi Papua Barat

Pergantian nama Irian Jaya sudah dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Abudurrahman Wahid.

Satria Dewa Gatotkaca Buktikan Saatnya Jagoan Lokal Unjuk Gigi
Hiburan & Gaya Hidup
Satria Dewa Gatotkaca Buktikan Saatnya Jagoan Lokal Unjuk Gigi

Film garapan sutradara Hanung Bramantyo tersebut menjadi pembuka dari Semesta ‘Satria Dewa’ bagian pertam

Gim Karya Anak Bangsa 'Coral Island' Hadir di Xbox Game Pass Hari Pertama
Fun
Gim Karya Anak Bangsa 'Coral Island' Hadir di Xbox Game Pass Hari Pertama

Kamu dapat memainkannya tanpa harus membeli gim ini

Langkah Membantu Orang Lain untuk Memulai Perubahan
Fun
Langkah Membantu Orang Lain untuk Memulai Perubahan

Pastikan diri kita memiliki mental atau pengetahuan saat ingin membantu.

Smartwatch dengan Kemampuan Deteksi Kesehatan
Fun
Smartwatch dengan Kemampuan Deteksi Kesehatan

Jam tangan trendi dengan fitur canggih.

Gim Karya Anak Bangsa, 'A Space For The Unbound', Tunda Perilisan
Fun
Steam akan Hadir di Chromebook
Fun
Steam akan Hadir di Chromebook

Steam support asli untuk Chrome OS mungkin akan tiba pada Desember 2021.

Sejumlah Konser, Siaran, dan Acara di Korea Ditunda Setelah Tragedi Halloween Itaewon
ShowBiz
Sejumlah Konser, Siaran, dan Acara di Korea Ditunda Setelah Tragedi Halloween Itaewon

Tragedi Halloween di Itaewon membuat sejumlah pihak untuk menunda acaranya.

Drama Korea Paling Cemerlang dan Jenius Sepanjang 2021
Fun
Drama Korea Paling Cemerlang dan Jenius Sepanjang 2021

Drama Korea terbaik di tahun 2021.

Bandara Kemayoran, Bandara Internasional Pertama di Indonesia
Fun
Bandara Kemayoran, Bandara Internasional Pertama di Indonesia

Pada saat itu bandara dikelola oleh Koninklijke Netherlands Indische Luchtvaart Maatschappij (KNILM).