Batu Hobon Terkait Raja Batak Pencetus Silsilah Marga

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 20 November 2016
Batu Hobon Terkait Raja Batak Pencetus Silsilah Marga

Batu Hobon yang ada di Dusun Arsam, Desa Sari Marrihit, Kecamatan Sianjur Mulamula, Samosir memang bikin penasaran banyak orang.

Terakhir dua pekan lalu batu itu menarik perhatian karena dilaporkan tiba-tiba terbelah jadi dua.  

Sebelumnya dikabarkan, batu dengan diameter sekitar satu meter tersebut, memiliki rongga di bagian bawahnya. Sehingga banyak yang mengira di sana tersimpan harta karun Batak seperti harta pustaka hingga kitab ajaran leluhur dan falsafah Batak.

Sudah tiga kali batu Hobon hendak dibongkar paksa, seperti dikatakan beberapa penutur namun gagal. Bahkan kabarnya pihak yang berusaha membongkar mengalami musibah. Satu hal yang sulit dicerna akal sehat.        

Cukup sulit menemukan ahli sejarah Batak yang bisa menceritakan fakta sejarah tentang Batu Hobon tersebut. Riwayat yang beredar saat ini, masih bisa diperdebatkan.

Warga Batak percaya bahwa Sejarah Batak tidak akan pernah terlepas dari leluhur atau nenek moyang mereka Guru Tatea Bula yang turun dari Gunung Pussuk Buhit.

Guru Tatea Bulan adalah putra pertama dari Raja Batak. Raja Batak diyakini yang melahirkan silsilah marga-marga Batak.  

Dan sudah sejak dahulu, Batu Hobon dijadikan sebagai tempat peribadatan kepercayaan Batak dengan melalukan ritual-ritual budaya sebagai wujud penghormatan kepada Debata Mula Jadi Nabolon.

Banyak warga menyayangkan pemugaran lokasi Batu Hobon, karena dianggap menghalangi spiritualnya seperti tidak menghadap langsung ke langit.   

Namun yang kurang banyak disorot justru pemandangan di sekitar kawasan Batu Hobon, yang sebenarnya cukup memukau untuk berwisata. Tanah Batak memang tak pernah sepi tradisi maupun obyek wisata. Mejuah-juah. (dsyamil)

BACA JUGA

  1. Batu Hobon Persatukan Warga Batak Di Dusun Arsam
  2. Aek Sipangolu Wisata Spiritual dari Baktiraja, Tanah Batak
  3. Yuk Cocokan Kepribadianmu Lewat Astrologi Asli Batak
  4. Perjuangan Orang Tua dalam Lagu Batak Anakon Hi Do Hamoraon Di Au
#Suku Batak #Raja Batak #Batu Hobon
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan