Fashion

Batik Karya Ridwan Kamil Dipamerkan di Legenda Batik Nusantara

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 31 Januari 2019
Batik Karya Ridwan Kamil Dipamerkan di Legenda Batik Nusantara
Ridwan Kamil dengan Batik Ironman. (Foto: instagram@bundhaa_1988)

KARYA batik Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, dipamerkan di stand Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar . Batik yang dikenal dengan nama Batik Garuda Kujang Kencana dan Batik Ironman tersebut hadir pada acara Pameran Legenda Batik Nusantara, di Graha Manggala Siliwangi Bandung, Rabu (30/1/2019).

Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Praratya Kamil yang membuka acara pameran menuturkan, Batik Ridwan Kamil ini tidak akan di-launching di pasaran. Karenanya, batik ini tidak dijual di sembarang tempat dan hanya bisa didapatkan melalui Dekranasda Jabar.

1. Desain untuk sendiri

ridwan kami
Ridwan Kamil dan batik kesayangannya yang sudah banyak replikanya. (Foto: instagram@bundhaa_1988)

Atalia bercerita, Ridwan Kamil memang hobi mendesain apapun, termasuk batik. Awalnya, kata Atalia, Kang Emil – sapaan akrab Ridwan Kamil – mendesain batik tersebut untuk digunakan sendiri melalui Batik Komar dan Batik Trusmi, namun ternyata animo masyarakat cukup tinggi.

“Kang Emil itu adalah seorang desainer, beliau adalah arsitek tetapi senang sekali untuk mendesain apapun, termasuk mendesain batik sendiri. Jadi beberapa waktu lalu bekerjasama dengan Batik Komar, Batik Trusmi dan lain-lain. Kang Emil mendesain hanya dipakai untuk diri sendiri, tapi animo masyarakat luar biasa, bahkan yang palsunya pun sudah ada dimana-mana,” tutur Atalia ditemui usai acara pembukaan pameran, "Enggak akan ada launching. Oleh karenanya, (batik RK) ini akan hadir di tempat-tempat tertentu saja, atau bahkan hanya bisa diakses melalui Dekranasda Provinsi Jawa Barat.”

2. Mendukung perekonomian rakyat

batik
Atalia mengapresiasi pada dunia fashion. (Foto: MP/Mauritz)

Lebih khusus, Atalia mengaku sangat mengapresiasi acara pameran batik ini. Menurutnya, pameran seperti ini tidak hanya menumbuhkan rasa cinta produk lokal, tetapi juga mampu mendongkrak semangat para pengrajin dan pelaku usaha di bidang seni kriya dan fashion.

“Disamping untuk mencintai dan melestarikan budaya bangsa, tapi juga yang paling penting adalah terus mendukung perekonomian masyarakat, khususnya di bidang craft dan fashion. Jadi saya mengapresiasi, luar biasa. Mudah-mudahan mampu untuk terus memberikan semangat kepada seluruh warga Jawa Barat untuk berkarya,” tukasnya.

3. Melibatkan produk pilihan

batik
Banyak batik yang datang dari seluruh wilayah di Indonesia. (Foto: MP/Mauritz)

Pameran Legenda Batik Nusantara ini menyuguhkan lebih dari 80 stand batik, kerajinan, hingga kuliner. Tidak hanya dari Jawa Barat, pameran ini juga melibatkan produk-produk pilihan dari seluruh Indonesia, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Palembang, NTT, dan lainnya. Dijadwalkan, pameran ini akan digelar hingga tanggal 3 Februari mendatang. (*)

Laporan Mauritz kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

#Batik #Ridwan Kamil
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan