Batik Gorga, Kebanggaan Orang Batak Batik Gorga berciri khas tiga warna, yaitu merah, hitam, dan putih (Foto: gopraa.blogspot)

Tak hanya Pulau Jawa yang memiliki batik, Sumatra pun juga. Masyarakat Batak, Sumatra Utara, salah satunya. Banyak yang bilang Suku Batak tidak punya batik, hanya ulos. Sementara ulos ini hanya digunakan untuk acara adat.

Dari hasil kreativitas orang Batak, muncullah Batik Gorga sekitar tahun dua ribu ke atas. Seperti kain batik, hanya motifnya seperti ulos. Gorga ini dapat ditemukan di antaranya pada eksterior Rumah Bolon (rumah adat Batak) dan alat musik.

Ciri khas Gorga ini ada pada warnanya, yaitu merah, hitam, dan putih, yang biasa disebut dengan sitiga bolit. Sitiga artinya tiga, bolit artinya belitan atau jalinan. Ketiga warna tersebut memiliki makna tersendiri bagi kepercayaan Batak kuno.

Merah melambangkan kekuatan, keberanian, dan simbol dunia tengah (bumi). Bumi disimbolkan dengan warna merah, karena merupakan tempat pertumpahan darah. Hitam perlambang kewibawaan, kepemimpinan, dan simbol dunia bawah (neraka/kegelapan); sedangkan putih perlambang kesucian, kebenaran, dan simbol dunia atas (surga).

Proses pembuatan batik ini sama dengan batik Jawa, yaitu cap maupun tulis. Batik Gorga ini berkembang cepat dan mendapat respons positif dari masyarakat, terkhusus Suku Batak.

Kreativitas orang Batak ini patut diacungi jempol. Ulos, yang sakral dan terbatas untuk acara adat, diadaptasi hingga terlahir karya baru ini. Jika ulos tak dimodifikasi pada hal baru, maka bisa saja tergerus zaman dan akan semakin langka.

Kehadiran Batik Gorga ini menjaga budaya Batak tetap eksis, karena penggunaannya yang lebih kasual, meski motifnya seperti ulos. Masyarakat pun bisa memakainya untuk bekerja, beribadah, atau ke acara-acara resmi. Produk ini pun sudah tersebar, sehingga tak hanya masyarakat Batak yang bisa mengenakannya, tetapi seluruh Indonesia. Bisa dibilang, Batik Gorga ini merupakan kebanggaan masyarakat Batak.

Baca juga artikel Geblek Renteng, Motif Batik Khas Kulonprogo.



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH