Teknologi

Batasi Pengguna Gratisan, Evernote Cuma Kasih 50 Catatan

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 06 Desember 2023
Batasi Pengguna Gratisan, Evernote Cuma Kasih 50 Catatan
Evernote mulai batasi pengguna gratisan. (Foto: Evernote)

EVERNOTE, salah satu aplikasi pencatatan terbesar di dunia, sedang menguji coba paket baru yang akan membatasi akses pengguna gratisannya. Evernote hanya menyediakan batas hingga 50 catatan dan satu buku catatan untuk mereka.

Evernote kini punya lebih dari 250 juta pengguna dan mereka ingin mendorong pengguna gratis beralih ke pengguna layanan premium.

Melansir Gizmodo, beberapa pengguna Evernote dihebohkan karena mereka tidak bisa lagi menambah catatan mereka. Uji coba dari Evernote, yang diakuisisi oleh Bending Spoons tahun lalu, merupakan usaha terbaru untuk meningkatkan pendapatan dari aplikasi pencatatan yang populer, tetapi mengalami kesulitan keuangan.

Uji coba ini hanya memengaruhi sejumlah pengguna terbatas. Evernote tidak menginformasikan perubahan ini secara terbuka di halaman paket harganya. Ini menunjukkan bahwa perusahaan hanya sedang ingin menguji batasan ini.

Baca juga:

Blackmagic Hadirkan Aplikasi Perekaman Video Profesional

Beberapa pengguna Evernote bingung karena mereka tidak bisa lagi menambah catatan. (Foto: Evernote)
Beberapa pengguna Evernote bingung karena mereka tidak bisa lagi menambah catatan. (Foto: Evernote)

Menurut laporan techcruch, Evernote mempromosikan pembatasan unggahan bulanan sebesar 60 MB dan ukuran catatan maksimal sebesar 25 MB bagi pengguna gratis. Evernote tak menyebutkan batasan jumlah catatan atau buku catatan.

Sebagian besar pengguna gratis memiliki ratusan atau bahkan ribuan catatan dan puluhan buku catatan. Bagi pengguna gratis yang ingin tetap memanfaatkan akses mereka seperti sebelumnya, opsi termurah adalah mengeluarkan biaya sebesar USD 14,99 atau kurang lebih 230 ribu rupiah per bulan.

Baca juga:

Whatsapp Tambah Fitur untuk Jaga Percakapan Pengguna

Perubahan ini akan memaksa pengguna beralih ke premium. (Foto: Evernote)
Perubahan ini akan memaksa pengguna beralih ke premium. (Foto: Evernote)

Evernote menyatakan bahwa situs web mereka belum diperbarui dengan informasi terbaru karena perubahan tersebut belum final. Perusahaan ini mengonfirmasi bahwa mereka telah melakukan uji coba dengan kurang dari 1% pengguna gratisnya untuk mengevaluasi kemungkinan penerapan rencana baru ini.

Jika langkah tersebut diambil, Evernote berkomitmen untuk mengkomunikasikan perubahan tersebut, Demikian penjelasan perwakilan perusahaan.

Mereka juga menegaskan bahwa batasan tersebut tidak akan menghambat pengguna gratis dalam mengelola, mengedit, melihat, mengekspor, atau menghapus catatan, bahkan, jika itu melebihi batas yang ditetapkan.

Pembatasan ini hanya akan mempengaruhi kemampuan pengguna untuk membuat catatan baru, kecuali jika mereka beralih menjadi pelanggan berbayar. (aqb)

Baca juga:

Lima Aplikasi Karaoke Untuk Pengguna Android

#Teknologi #Aplikasi #Software
Bagikan
Bagikan