Batal Gelar Piala Wali Kota, Gibran Bidik Tuan Rumah Liga 2

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 10 September 2021
Batal Gelar Piala Wali Kota, Gibran Bidik Tuan Rumah Liga 2
Stadion Manahan Solo. (Foto: MP/Ismail)

MerahPutih.com - Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, menjadi satu dari delapan venue kandidat Liga 2 musim 2021/2022. Padahal, sebelumnya, Solo berencana menggelar Piala Wali Kota namun karena lonjakan kasus pertandingan tersebut dibatalkan.

Wali Kota Solo Gibran Rakabumi Raka mengemukakan, kalau Solo sudah memenuhi syarat sebagai tuan rumah Liga 2. Namun demikian, keputusan tersebut tetap di tangan pusat.

Baca Juga:

Gibran Tegaskan Solo Siap Jadi Tuan Rumah Liga 2

"Saya komunikasikan dulu sama pihak terkait soal itu (tuan rumah) Liga 2," kata Gibran, Kamis (9/9).

Ia mengatakan, Solo sudah masuk level 3 sehingga aman untuk dikunjungi. Selain itu, segala sesuatunya sudah disiapkan untuk memenuhi syarat tuan rumah.

"Sebagai syarat menjadi tuan rumah (Liga 2), lapangan tempat latihan harus tertutup. Untuk stadion utama (Stadion Manahan) untuk pertandingan sudah siap," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Joni Hari Sumantri mengatakan, persiapan Stadion Manahan Solo untuk tuan rumah Liga 2 sudah bagus. Dari sisi standar dan fungsi sudah tidak ada masalah.

"Kalau yang dibutuhkan itu tempat latihannya kita sudah ada empat lapangan yang diorientasikan untuk Piala Dunia U-20 pada 2023," kata Joni.

Dikatakannya, untuk menjadi tuan rumah Liga 2 tahapannya dari Manajemen Persis Solo yang mengajukan sebagai peserta klub Liga 2 ke PT LIB. Selaku peserta Liga 2, Persis Solo sudah mengajukan komunikasi dengan Pemkot Solo.

"Jadi intinya mestinya ke Pak Wali (Gibran) dulu pak wali sudah disposisi, kami menindaklanjuti karena ini kan kepentingan kota bukan hanya Dispora lapangan," katanya.

Ia menambahkan, untuk Stadion Manahan Solo sudah diserahkan kepada Pemkot Surakarta. Proses rehabilitasi kedua, yaitu menaikkan daya penerangan lampu dari 1.700 lux menjadi 2.400 lux dan menambah pagar pengaman semuanya sudah selesai.

Tersiar kabar sudah ada delapan venue stadion Liga 2 musim 2021/2022 yang akan digelar dalam waktu dekat. Pemkot pada intinya sudah siap dari segi infrastruktur untuk event nasional itu.

Wali Kota Solo Gibran Raka Bumiraka. (Foto: MP/Ismail)
Wali Kota Solo Gibran Rakabumi Raka. (Foto: MP/Ismail)

Stadion tersebut Stadion adalah Stadion Teladan Medan; Stadion Bumi Sriwijaya Palembang; Stadion Jakabaring Palembang; Stadion Kaharudin Nasution, Pekanbaru; dan Stadion Utama Riau Lima stadion tersebut ada di Pulau Sumatera.

Sementara dua stadion ada di Pulau Jawa, yaitu Stadion Wijaya Kusuma Cilacap dan Stadion Manahan Solo. Sementara satu stadion lagi ada di Pulau Kalimantan, yaitu Stadion Batakan Balikpapan.

Dari banyaknya stadion tersebut Stadion Manahan Solo dikabarkan akan menjadi salah satu stadion yang ditunjuk sebagai tuan rumah kompetisi Liga 2. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Persiapan Bergulirnya Liga 2, Gibran Vaksin Ribuan Pasoepati

#Liga 2 #PSSI #Solo #Stadion Manahan
Bagikan
Bagikan