Basuki Hadimuljono Pimpin Parade Tim Indonesia saat Penutupan Asian Games 2022

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 08 Oktober 2023
Basuki Hadimuljono Pimpin Parade Tim Indonesia saat Penutupan Asian Games 2022
CdM Indonesia di Asian Games 2022 Basuki Hadimuljono bersama Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. Foto: NOC Indonesia

MerahPutih.com - Chef de Mission (CdM) Indonesia Basuki Hadimuljono memimpin langsung defile Tim Indonesia di upacara penutupan Asian Games 2022 Hangzhou, Tiongkok, Minggu (8/10) malam.

Basuki didampingi Vice CdM Jadi Rajagukguk, Deputi 1 Jovinus Carolus Legawa, Deputi 2 Thomas Setiabudi Aden dan perwakilan Deputi 3 Andi Arini.

Baca Juga

Indonesia Raih 7 Emas di Asian Games 2022, Menpora Pastikan Lakukan Evaluasi

Dari cabang olahraga, Tim Indonesia diwakili atlet dan ofisial dari panahan, karate dan roller skate yang semuanya menggunakan seragam kontingen.

Karateka Ahmad Zigi Zaresta Yuda bakal menjadi atlet pembawa bender Merah Putih di barisan terdepan.

Zigi mengaku sangat senang bisa mewakili atlet Indonesia sebagai pembawa bendera Merah Putih di defile upacara penutupan Asian Games 2022.

"Saya merasa sangat bangga banget bisa dipercaya menjadi flag beraer di closing ceremony. Ini merupakan kesempatan yang luar biasa buat saya dan saya merasa sangat bersyukur dan tentunya seneng banget," kata Zigi.

Di Asian Games 2022 Hangzhou, Tim Indonesia berhasil meraih 7 medali emas, 11 medali perak dan 18 perunggu dengan total perolehan akhir 36 medali.

Baca Juga

Asian Games 2022: Perahu Naga Sumbang Emas untuk Indonesia

Tujuh medali emas dipersembahkan cabang olahraga menembak (2), balap sepeda disiplin BMX (1), wushu (1), panjat tebing (1), angkat besi (1) dan dragon boat (1). Medali perak diraih cabor dragon boat (4), sepak takraw (2), skateboard (1), panjat tebing (2) dan wushu (2).

Sedangkan medali perunggu dicapat cabang olahraga panahan (2), BMX (1), dragon boat (1), karate (1), rowing (3), sepak takraw (1), menembak (3), soft tenis (1), panjat tebing (2), tenis (1) dan wushu (2).

Tuan rumah Tiongkok menempati peringkat teratas klasemen perolehan medali lewat 201 medali emas, 111 perak dan 71 perunggu.

Disusul Jepang, Korea, India dan Uzbekistan di urutan lima teratas negara dengan medali terbanyak.

Sementara itu Aichi-Nagoya, Jepang bakal menjadi tuan rumah Asian Games edisi ke-20 pada 2026. Ini bakal menjadi kali ketiga Jepang menggelar Asian Games setelah 1958 dan 1994.

"Saya berharap bisa berpartisipasi lagi di sana. Semoga bisa meningkatkan lagi prestasi yang didapat kali ini. Tahun ini mendapatkan medali yang luar biasa dan nanti di Nagoya bisa lebih baik lagi," ujar Zigi. (Knu)

Baca Juga

Indonesia akan Kirimkan 130 Atlet ke Asian Para Games Hangzhou

#Menteri PUPR Basuki Hadimuljono #Asian Games #Breaking
Bagikan
Bagikan