Basrief Arief Jaksa Agung Era SBY Meninggal Dunia

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 23 Maret 2021
Basrief Arief Jaksa Agung Era SBY Meninggal Dunia
Jaksa Agung Basrief Arief. (Foto: Kejagung)

MerahPutih.com- Kabar duka nenyelimuti institusi Kejaksaan Agung. Mantan Jaksa Agung Basrief Arief meninggal dunia.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, telah berpulang ke rahmatullah mantan Jaksa Agung RI Bapak Basrief Arief," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak kepada wartawan, Selasa (23/3).

Leonard mengungkapkan, Basrief meninggal hari Selasa (23/3) ini. Leonard belum memerinci penyebab meninggalnya jaksa agung era Presiden ke-6 Soesilo Bambang Yudhoyono itu. Leonard meminta seluruh pihak untuk mendoakan almarhum Basrief Arief.

Baca Juga:

Kejagung Segera Limpahkan Berkas Perkara Kasus Dugaan Korupsi Asabri

"Semoga diampuni segala dosanya dan diterima di sisi Allah SWT," katanya.

Basrief Arief lahir di Tanjung Enim, Sumatra Selatan pada 23 Januari 1947. Dia diantik menjadi Jaksa Agung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 26 November 2010 untuk menggantikan Jaksa Agung Hendarman Supandji yang telah habis masa jabatannya.

Basrief menjabat sebagai Jaksa Agung hingga Oktober 2014. Saat itu, dia didampingi oleh Darmono dan Andhi Nirwanto sebagai Wakil Jaksa Agung.

Basrief Arief
Mantan Jaksa Agung Basrief Arief. (Foto: Antara)

Di Kejagung, Basrief Arief mengawali kariernya sebagai Asisten Pidum Kejaksaan Tinggi Jakarta. Kemudian, dia sempat menjadi Staf Ahli Kejaksaan Agung RI, Kepala Biro Umum, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jakarta.

Dalam kariernya, dia pernah juga menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Belawan, kemudian menjabat Kepala Kejaksaan Negeri Cibinong, dan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

Basrief adalah Wakil Jaksa Agung pada tahun 2005 hingga saat pensiunnya pada Februari 2007 dan dilantik menjadi Jaksa Agung pada November 2010. (Knu)

Baca Juga:

Kejagung Limpahkan 13 Tersangka Korporasi Jiwasraya ke Kejari Jakpus

#Kejagung #Jaksa Agung
Bagikan
Bagikan