Musik

Basboi Umumkan Album Debut Sekaligus Rilis Single ‘Bismillah’

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 17 Juni 2021
Basboi Umumkan Album Debut Sekaligus Rilis Single ‘Bismillah’
Basboi segera rilis album. (Foto: Istimewa)

SETELAH sekian banyak asupan yang diberikan berupa single, video musik dan merchandise hasil kolaborasi. Basboi akhirnya mengumumkan nama untuk album debutnya bertajuk Adulting For Dummies yang akan rilis pada 18 Juni 2021.

Album yang sudah digarap sejak 2020 ini, merupakan bukti perjalanan hidup Basboi sendiri yang tumbuh dewasa mencari jati diri, semangat dan tujuan di dunia ini.

Baca juga:

Basboi ‘Tresno Karo Kowe’ Di Single Terbarunya

View this post on Instagram

A post shared by Basboi (@bas.boi)

“Album ini merupakan buku panduan di masa lalu sebagai hasil dari menjalani hidup selama ini, di mana menjadi dewasa mungkin tidak selalu mudah, tetapi perjalanan panjang tersebut memang diperlukan,” ucap Basboi dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih, Kamis (17/6).

Dipimpin oleh lagu yang terinspirasi musik gospel barat berjudul Bismillah, Basboi menyajikan album ini sebagai buku panduan untuk membantu dirinya sendiri dengan harapan dapat membantu orang lain di luar sana, yang juga menghadapi masalah serupa.

Tajuk Adulting for Dummies sebagai album mungkin terkesan meremehkan, karena tidak hanya sebagai album audio. Rapper bernama asli Baskara Rizqullah memposisikan album ini sebagai cerita anak-anak, diisi dengan sepuluh lagu atau dalam hal ini 10 bab permasalahan dalam beranjak dewasa.

“Yang kebanyakan orang akan menganggap rumit karena tidak pelajaran formal atau informal tentang bagaimana menghadapinya ketika kita berusia 20 tahun-an, seperti keuangan, karier, harta benda, hubungan, dan prestasi cenderung menjadi masalah utama yang ‘populer’ dari orang dewasa,” tambah pria yang menempuh pendidikan di Universitas Padjadjaran.

Baca juga:

Turbokidz Rayakan Hari Rilisan Fisik dengan EP ‘Http 404’

Basboi Umumkan Album Debut Sekaligus Rilis Single ‘Bismillah’
Artwork album Adulting For Dummies. (Foto: Istimewa)

Melihat hal tersebut, Basboi menemukan bahwa masalah ini hanya permukaan saja, masalah sebenarnya terletak di dalam. Ini tentang bagaimana kita memandang diri sendiri, dari saat-saat frustrasi yang membuat kita bangga pada diri sendiri.

Nantinya, album ini terdiri dari lagu-lagu club-ish trap beat dengan aliran rap yang ketat, bossanova dengan perpaduan lagu pop. Hingga lagu gospel klasik yang mengiringi aliran melodi Basboi yang menyenangkan dan catchy, terbungkus lirik-lirik jenaka dihiasi referensi aneh dan permainan kata yang terdengar tidak biasa.

Basboi mencoba memberikan pengalaman sinematik sejati dari perjalanan seorang anak mencari, kehilangan, dan menemukan dirinya sendiri. Ia juga menjamin album perdana ini tidak seperti album rap pada umumnya. (far)

Baca juga:

Single 'CHING' Basboi Merepresentasikan Tentang Indonesia di Bulan Ramadan

#Musik #Musik Indonesia #Musisi Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan