Basarnas Nyatakan Cuaca Hari Ini Tak Mendukung Penyelaman

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 13 Januari 2021
Basarnas Nyatakan Cuaca Hari Ini Tak Mendukung Penyelaman
Ilustasi. ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/foc.

Merahputih.com - Badan SAR Nasional (Basarnas) mengungkapkan faktor cuaca tidak mendukung operasi pencarian dan pertolongan. Khususnya operasi penyelaman guna mencari pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

"Pada Rabu (13/1) sejak pagi tadi kami memantau terus dan berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca di lokasi tidak mendukung. Dalam hal ini adalah penyelaman," ujar Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Bambang Suryo Aji di Jakarta, Rabu (13/1).

Baca Juga:

Terima Serpihan Bangkai Pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Basarnas Serahkan ke DVI

Sehingga, sejak pagi sampai dengan saat ini dikarenakan cuaca belum kondusif, operasi yang khususnya difokuskan di bawah permukaan laut masih belum bisa dilaksanakan.

"Mengingat kondisi dan keamanan bagi faktor keselamatan para penyelam," katanya.

Kendati demikian, para tim penyelam tetap bersiaga di atas perahu karet masing-masing. Menunggu sampai dengan cuaca kondusif kembali.

"Untuk sementara kami tunda dulu menunggu sampai dengan cuaca kembali kondusif dan mendukung operasi penyelaman," tandas Bambang Suryo Aji.

Serpihan yang diduga dari pesawat Sriwijaya Air. (Foto: Antara).
Serpihan yang diduga dari pesawat Sriwijaya Air. (Foto: Antara).

Sebelumnya upaya pencarian Pesawat Sriwijaya SJ 182 beserta penumpangnya untuk sementara dihentikan karena cuaca buruk.

Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Abdul Haris Achadi mengatakan bahwa Kapal KN SAR Karna yang membawa tim penyelam, tenaga medis, dan unsur lain yang terlibat dalam upaya untuk menemukan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dan penumpangnya harus putar balik ke dermaga JICT 2 setelah diterpa gelombang tinggi.

Baca Juga:

Penyelam Polri dan Pasukan Elite TNI Diterjunkan ke Lokasi Jatuh Sriwijaya Air

Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor register PK-CLC SJ 182 yang menerbangi rute Jakarta-Pontianak pada Sabtu (9/1) jatuh di wilayah perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Pesawat Boeing 737-500 yang lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, pada Sabtu (9/1) pukul 14.36 WIB itu, menurut data manifes membawa 62 orang yang terdiri atas 50 penumpang dan 12 kru. (Knu)

#Sriwijaya Air #Basarnas
Bagikan
Bagikan