Basarnas Evakuasi Pendaki Gunung Sumbing Ilustrasi. (FB/Humas Basarnas Manado)

Basarnas mengevakuasi seorang pendaki Gunung Sumbing di perbatasan Kabupaten Magelang dan Temanggung. Pendaki bernama Agus Yustiadi (25) itu terpaksa dievakuasi karena mengalami cedera kaki.

Komandan Basarnas Jateng Hardi Amanurijal di Temanggung, Senin (22/5), mengatakan pendaki yang cedera tersebut merupakan warga Pontianak. Ia terperosok saat turun gunung.

Basarnas beserta unsur SAR gabungan berhasil mengevakuasi rombongan pendaki Gunung Sumbing pukul 08.45 WIB. Evakuasi dilakukan setelah Basarnas mendapatkan laporan dari SAR Kabupaten Temanggung adanya seorang pendaki dalam rombongan mengalami cedera ketika hendak turun.

Ia mengatakan, pendaki berjumlah lima orang. Ketika akan turun tepatnya di atas pos tiga jalur Cepit, Temanggung, seorang di antaranya terperosok hingga mengakibatkan cedera pada tungkai kaki sehingga harus pendapatan pertolongan medis.

Korban berhasil di evakuasi ke basecame Cepit Desa Pager Gunung, Kecamatan Bulu, Temanggung pukul 08.00 WIB, setelah tim SAR gabungan dari Basarnas, SAR Temanggung dan Basecame Cepit melakukan penjemputan terhadap satu korban tersebut.

Ia menuturkan setelah sampai bawah pendaki tersebut langsung di bawa ke klinik Desa Pager Gunung.

Korban bersama empat orang temannya yakni Ricard (32) warga Banten, Sukirno (31) warga Jakarta, Drunmias (33) warga Jakarta dan Hendri (38) warga Jakarta melakukan pendakian lewat jalur Kaliangkrik, Kabupaten Magelang pada Sabtu (20/5).

Ketika sudah sampai puncak kelima pendaki tersebut melanjutkan perjalanan pada Minggu (21/5) dan hendak turun lewat jalur Bowongso, Kabupaten Wonosobo, namun salah jalur hingga akhirnya lewat jalur Cepit Temanggung.

Ketika perjalanan turun memasuki pos tiga salah seorang dari mereka terperosok hingga akhirnya rekan lainya menghubungi basecame untuk melakukan pertolongan SAR.

Sumber: ANTARA



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH