Baru Sembuh, Kisah Balita Pasien COVID-19 Yogyakarta Langsung Mau Difilmkan Petugas beraktivitas di Laboratorium Virologi BBTKLPP Yogyakarta, Rabu. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

MerahPutih.com - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Yogyakarta, memastikan pasien positif COVID-19 balita berusia 3 tahun yang mereka rawat telah sembuh. Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sendiri berencana membuat film kisah kesembuhan balita itu jika keluarga pasien mengizinkan.

"Tim informasi akan segera membuat film atau semacam testimoni bila yang bersangkutan bersedia agar dapat memberikan semangat bagi masyarakat," kata Juru Bicara (Jubir) Pemprov DIY untuk Penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Jumat (20/3).

Baca Juga:

Pasien Corona Bertambah Jadi 69 Orang, Dua di Antaranya Balita

Berty memastikan pasien balita itu sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit setelah menjalani tes untuk memastikan status negatif sejak hari ini. "Kabar gembira hari ini. Kasus satu telah dinyatakan negatif dua kali, kondisi sehat," tegas dia.

Tak hanya pasien balita, tim medis pun telah memperbolehkan pulang kedua orang tuanya karena juga dinyatakan negatif dari infeksi virus corona baru. Ketiganya telah meninggalkan RSUP Dr Sardjito pada Kamis (19/3) pukul 15.00 WIB.

sultan jogja corona
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X saat meninjau Laboratorium Virologi BBTKLPP Yogyakarta. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Baca Juga:

Kasus Pertama Dunia Bayi Baru Lahir Sudah Positif Corona

Menurut Berty, ketiganya kemudian diberikan edukasi tentang bagaimana meningkatkan imunitas tubuh melalui pola hidup sehat. Mereka, kata dia, tetap diminta melakukan isolasi mandiri dengan tetap mendapat pengawasan dari RSUP Dr Sardjito.

"Tetap mengikuti imbauan pemerintah membatasi diri berkumpul dan ke luar rumah," tegas pejabat Pemprov DIY itu.

Sebelumnya dilansir Antara, pasien balita yang menjalani perawatan di RSUP Dr Sardjito sejak 9 Maret 2020 sempat dinyatakan positif COVID-19. Pasien ini tercatat memiliki riwayat pernah mengunjungi Kota Depok, Jawa Barat pada Februari 2020 serta memiliki gejala seperti batuk, pilek, dan sesak napas.

Karena memiliki kontak erat dengan pasien, dua orang tua balita akhirnya ikut dirawat di satu ruangan isolasi RSUP Dr Sardjito dengan status pasien dalam pengawasan (PDP). (*)

Baca Juga:

Ilmuwan Inggris Temukan Terobosan dalam Upaya Temukan Vaksin Virus Corona


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH