Baru Sampai Indonesia Mahasiswi Asal Lumajang Langsung Dikarantina, Kena Corona?

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 31 Januari 2020
Baru Sampai Indonesia Mahasiswi Asal Lumajang Langsung Dikarantina, Kena Corona?
Ilustrasi: Seorang pasien 2019-nCoV di Rumah Sakit Hankou, Wuhan, memberikan isyarat jempol kepada tim kesehatan dari Second Military Medical University, Senin (27/1/2020). (ANTARA/HO-ChinaNews/mii)

Merahputih.com - Seorang mahasiswi asal Kabupaten Lumajang yang pulang dari Tiongkok menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Haryoto Lumajang, Jawa Timur. Hal itu dilakukan lantaran untuk memastikan yang bersangkutan bebas dari virus corona.

"Kami sudah melakukan screening atau pemeriksaan suhu tubuh dan kesehatan mahasiswi yang baru pulang dari Tiongkok sesuai dengan prosedur tetap yang ditentukan," ujar Direktur RSUD dr Hariyoto dr Halimi Maksum MMRS di Lumajang, Jumat (31/1).

Baca Juga:

Virus Corona Sudah di Singapura

Seseorang bisa dinyatakan suspect atau positif terkena novel coronavirus harus melalui beberapa tahap pemeriksaan di antaranya dengan melakukan pemeriksaan pada orang-orang yang memiliki gejala pilek, batuk, dan demam.

"Hasil pemeriksaan mahasiswi tersebut tidak menunjukkan gejala atau indikasi tertular virus corona setelah diperiksa oleh dokter spesialis dan secara klinis tidak ada masalah karena kondisinya sehat," tuturnya.

Kendati demikian, pihak RSUD dr Haryoto Lumajang sudah menyiapkan ruang isolasi dan rawat inap untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Kabupaten Lumajang. "Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mengikuti alur pemeriksaan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI," beber dia.

corona
Ilustrasi: Situasi Tiongkok setelah merebaknya virus corona (Foto: propakistani)

Menurut dia semua pelajar yang datang dari Tiongkok akan dilakukan cek screening baik pemeriksaan fisik maupun klinis, sehingga pihak rumah sakit sudah menyiapkan ruangan isolasi di UGD.

"Jika ditemukan indikasi terjangkit virus corona, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diharuskan untuk rawat inap," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengunjungi mahasiswa asal Kabupaten Lumajang yang baru saja pulang dari Tiongkok dan menjalani pemeriksaan di RSUD dr. Haryoto Lumajang.

Baca Juga:

Gara-Gara Virus Corona, Pabrik Tesla di Tiongkok Ditutup

"Untuk memastikan mahasiswi bernama Suargita itu dalam kondisi yang baik, saya meminta agar pihak RSUD dr Haryoto melakukan pemeriksaan secara berkelanjutan," kata wabup yang biasa dipanggil Bunda Indah itu.

Menurut dia kondisi mahasiswi tersebut cukup baik dan sudah dilakukan pemeriksaan dari dokter spesialis paru dan hasilnya sangat bagus karena secara klinis tidak ada masalah dan yang bersangkutan dalam kondisi sehat, sehingga tidak ada indikasi membawa virus corona. (*)

#Virus Corona #Rumah Sakit
Bagikan
Bagikan