Baru Pertama Pelihara Anjing? Ini Jenis Anjing yang Tepat Anjing yang Tepat Bagi Kamu Para Pemula (Foto: Pixabay/YamaBSM)

TERTARIK untuk mengadopsi anjing? Sebelumnya ada banyak yang perlu dipertimbangkan dan disiapkan termasuk memilih jenis anjing yang hendak diadopsi. Lahan rumah juga perlu kamu siapkan demi kesejahteraan anjing. Jika memang rumahmu kecil dan tidak ada lahan lebih jangan sesekali mengadopsi anjing berukuran besar karena mereka membutuhkan space untuk bermain dan berolahraga. Tetapi bukan berarti semua anjing berukuran kecil bisa diam saja di dalam rumah ya. Beberapa jenis anjing kecil memerlukan aktivitas untuk menjaga kesehatannya.

Melansir dari Thesprucepets.com, kamu harus memilih anjing yang sesuai dengan gaya hidupmu. Tingkat ekonomi juga perlu dipikirkan mengingat kebutuhan anjing berbeda tiap jenisnya. Ada jenis anjing yang cukup dengan perawatan yang biasa saja, ada pula jenis anjing yang memerlukan perawatan mahal. Jangan sampai memiliki anjing malah menjadi beban hidup kamu.


Baca Juga: 4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memelihara Anjing

1. Golden Retriever

anjing
Golden Retriever dikenal sebagai anjing rumahan. (Foto: Pixabay/Birgl)


Salah satu jenis anjing favorit di dunia ini memang sangat tepat bagi kamu para pemula. Golden merupakan anjing yang sangat penyayang keluarga meskipun bersifat pemimpin. Mereka akan menjadi galak kepada orang jahat. Kamu memerlukan lahan yang cukup luas karena golden perlu beraktivitas agar tidak ada lemak menumpuk dalam tubuhnya yang bisa menimbulkan penyakit.

2. Pomeranian

anjing
Pomeranian, kecil dan lincah. (Foto: Pixabay/Spinheike)


Butuh suasana baru yang menyenangkan dan sedikit ramai? Berarti pomeranian merupakan pilihan tepat untukmu. Anjing dengan ukuran kecil ini sangat lincah dan memiliki tingkah yang lucu. Kamu tidak memerlukan lahan yang luas untuk memelihara anjing ini asal sesekali diajak jalan-jalan.

Baca Juga: Cara Anjing Nyatakan Rasa Sayang pada Pemiliknya

3. Bichon Frise

anjing
Bichon Frise, memiliki wajah yang menggemaskan. (Foto: Pixabay/Grategf1)


Anjing ini hampir setiap saat tersenyum dan terlihat bahagia. Jenis anjing ini memang paling bisa meluluhkan hati setiap orang. Bulunya yang mengembang dan bergelombang membuatnya terlihat seperti boneka hidup. Jika kamu tidak memiliki lahan yang luas, kamu tetap perlu mengajaknya jalan-jalan agar ia bisa olahraga karena massa tubuhnya agak tebal.


4. Beagle

anjing
Beagle, bulunya tidak mudah rontok. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)


Anjing ikonik dengan telinga panjang ini termasuk populer di dunia. Tubuhnya yang pendek dengan pergerakan yang tidak terlalu banyak, cocok bagi kamu yang tinggal di rumah kecil. Perawatannya juga tidak susah karena bulunya pendek dan tidak mudah rontok. (mar)


Baca Juga: Ketahui Perilaku Alpha Pada Anjing Peliharaan



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH