Baru 2 Tangki Padam, Kebakaran Kilang Balongan Masuki Hari Kedua

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 31 Maret 2021
Baru 2 Tangki Padam, Kebakaran Kilang Balongan Masuki Hari Kedua
Kilang Minyak Balongan meledak. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - PT Pertamina (Persero) menyebutkan baru dua dari empat tangki yang terbakar di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, berhasil dipadamkan menggunakan foam. Tangki T-301H padam sekitar pukul 01.30 WIB dini hari, lalu disusul tangki T-301E sekitar pukul 06.44 WIB.

"Dua tangki lainnya masih terus dilakukan upaya pemadaman," kata Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu, (31/3).

Baca Juga:

Tujuh Korban Luka Berat Kebakaran Kilang Balongan Dibawa ke Rumah Sakit



Meski api telah padam, pendinginan dengan fire truck terus dilakukan untuk memastikan tidak ada lagi flash. Pengaturan orientasi peralatan pemadaman api juga sudah dilakukan dengan sasaran selanjutnya dua tangki yang masih terbakar, yakni tangki T-301F dan tangki T-301G.

Tim Emergency Pertamina telah melokalisasi titik api di dalam bundwall atau tanggul di sekeliling tangki T-301 yang terdapat empat tangki penyimpanan BBM pada saat kejadian awal.

Kilang Minyak Balongan. (Foto: Antara)
Kilang Minyak Balongan. (Foto: Antara)

Pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan foam ke perimeter bundwall dan pusat nyala api, serta mengerahkan 10 unit mobil pemadam kebakaran dari Pertamina Group dan pemerintah daerah setempat.


"Pertamina tetap fokus memadamkan api di dua tangki lainnya dan terus mengerahkan segala daya dengan offensive fire handling," kata Agus.

Kebakaran Kilang Balongan terjadi pada Senin (29/3) dini hari. Akibat kebakaran tersebut, sebanyak 912 warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Kebakaran itu juga menyebabkan 29 luka ringan dan enam lainnya luka berat. Sampai Rabu (31/3) atau dua hari sejak kejadian, Pertamina masih berjibaku memadamkan api. (Asp)

Baca Juga:

Bupati Indramayu akan Rujuk Enam Korban Kebakaran Kilang Balongan ke RSAP Jakart

#Kilang Minyak #Pertamina #Kebakaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan