Barli Asmara, Dari Kuliah Desain Interior ke Desainer Fashion Ternama Barli Asmara beberkan rahasia kesuksesan. (foto: Instagram @barliasmara)

NAMA Barli Asmara memang dikenal sebagai seorang desainer fesyen. Karya busana yang ia buat sudah terkenal di mana-mana. Namun, siapa sangka, sebelum menjadi desainer ternama, ia pernah salah ambil jurusan kuliah.

Awalnya, Barli pernah kuliah jurusan desain interior di salah satu universitas ternama Jakarta. Padahal, kata dia, saat melakukan tes di universitas tersebut, ia enggak memiliki persiapan apa pun. "Aku pernah pulang subuh terus dijemput orangtua disuruh langsung ikut tes," ujarnya saat ditemui di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8).

BACA JUGA: Marvel Rilis Karakter "Batman dengan Kepribadian Ganda"

Tes yang dia ikuti berupa menggambar. Lucunya, saat selesai menorehkan gambarnya di secarik kertas, ia pun tertidur karena terlalu lelah. Beruntung, ia tetap berhasil lulus dalam tes tersebut, walaupun gambarnya agak rusak gara-gara terkena air liurnya ketika terlelap. "Saya tetap lolos di tes gambar itu, saya peringkat kedua," kenang Barli.

Namun, kata Barli, ia hanya betah menempuh pendidikan di jurusan desain interior itu selama setahun. Selepas itu, barulah ia mengambil jurusan fesyen di universitas lainnya. Sampai sekarang, ia berhasil membuktikan kiprahnya di dunia fesyen.

barli asmara
Pantang menyerah jadi kunci kesuksesan Barli Asmara. (foto: MP/Ikhsan Digdo)

Dia percaya salah satu kunci keberhasilannya sebagai desainer ternama ialah mental enggak pernah menyerah. Setiap menemui masalah, dia selalu berusaha mencari jalan keluarnya. "Aku selalu menganggap dalam setiap masalah pasti ada jalan keluar," paparnya.

Ia bercerita, sepanjang kariernya, ia enggak pernah selalu bergantung dengan orang lain. Karena menurutnya, setiap individu harus bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Jika bergantung dengan orang, nantinya seseorang enggak akan pernah bisa hidup mandiri. "Aku selalu jalan sendiri, aku enggak mau nyalahin orang lain," imbuhnya.

Yang enggak kalah penting, lanjut Barli, ia bisa meraih kesuksesan karena selalu mau mempelajari hal baru. Ia pun berpesan kepada setiap orang, jangan pernah ragu untuk mencoba hal baru. Apalagi di zaman yang sudah serbacanggih ini. Setiap hal bisa dipelajari melalui internet dengan mudahnya. "Aku ialah tipe orang yang selalu mencari tahu," pungkas Barli.(ikh)

BACA JUGA: Kulit Gelap Bikin Enggak Pede? Keren Kok!

Kredit : digdo


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH