Bareskrim Segera Panggil Capim KPK Berstatus Tersangka Gedung KPK (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

MerahPutih, Nasional-Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri masih menyimpan rapat-rapat identitas calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menjadi tersangka dugaan kasus korupsi. Bareskrim Mabes Polri akan segera memanggil calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bestatus tersangka. 

"Kalau memang sudah waktunya dipanggil sebagai tersangka kita panggil. Sekarang ini kita akan menyita barang bukti," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Brigjen Victor Edison Simanjutak, di Jakarta, Selasa (1/9).

Victor mengaku sudah memeriksa tujuh orang saksi. Saat ini, Bareskrim Mabes Polri tengah menyelidiki keterkaitan antara keterangan saksi dengan kasus yang terjadi.

"Kita sekarang membutuhkan dokumen dan saksi lain untuk mendukung pembuktian," kata dia.

Ditambahkan Victor, ada kemungkinan capim KPK yang menyandang tersangka lebih dari satu orang. Namun, ia belum berkomentar berapa jumlah pasti yang menjadi tersangka.

"Kalau indikasi ada tersangka lain, ada. Makanya kita butuh dukungan keterangan dan dokumen sehingga penindakan kita atau proses penyidikan pada yang bersangkutan bisa lancar," kata Victor.

Meski demikian, Victor meminta pemberian gelar tersangka ini tidak dihubung-hubungkan dengan pencalonan seseorang menjadi capim KPK dengan tujuan untuk mengganjal yang bersangkutan. 

"Penyidik melakukan penyidikan tidak memandang ini capim atau apa, nggak ada hubungan dengan apapun, kita profesional," tandasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Korps Bhayangkara itu semula sesumbar bakal membuka ke publik identitas capim KPK yang sudah ditetapkan sebagai tersangka pada Senin (31/8) sore. Namun, Bareskrim Polri tiba-tiba batal membuat pengumuman dengan dalih mengumumkan tersangka merupakan tindakan melanggar hukum. (mad)

Baca Juga: 

Batal Umumkan Capim KPK Tersangka, Reputasi Polri Jadi Perbincangan

Penetapan Capim KPK Sebagai Tersangka Bermotif Politik? 

Batal Umumkan Capim KPK Tersangka, Polri Dinilai Aneh 

Bareskrim Bantah Bakal Umumkan Kasus Capim KPK 

Capim KPK Jadi Tersangka, Berikut Inisialnya

 



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH