Bareskrim Polri Gelar Perkara Tentukan Tersangka Baru Pelarian Djoko Tjandra Djoko Tjandra (tengah) di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Jumat (31/7/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

MerahPutih.com - Penyidik Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara untuk menentukan ada tersangka baru dalam kasus pelarian Djoko Tjandra. Rencananya tersangka baru itu akan ditetapkan Rabu (12/8) ini.

“Kita tidak mau mendahuli. Kita sama-sama menunggu siapa yang akan ditetapkan tersangka,” kata Karopenmas Polri Brigjen Awi Setiyono kepada wartawan yang dikutip di Jakarta, Selasa (12/8.

Baca Juga:

Pengacara Djoko Tjandra Ajukan Praperadilan, Ini Tanggapan Polisi

Belum jelas siapa tersangka baru yang dibidik. Namun sebelumnya berembus info penyidik berancang-ancang meningkatkan kasus Djoko Tjandra ke penyidikan.

Hingga kini, status pemilik Mulia Group itu masih saksi dalam skandal pelariannya. Meskipun, ia diiduga menggunakan surat asli atau palsu.

"Kita sama-sama menunggu gelar perkara, kita akan update perkembangannya," ujar Awi.

Djoko Tjandra. Foto: ANTARA
Djoko Tjandra. Foto: ANTARA

Penyidik akan melakukan check and recheck terkait empat saksi yang diajukan oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI). Penyidik akan bekerja secara profesional untuk mengusut tuntas kasus Djoko Tjandra.

"Kami tidak ada pesanan atau tekanan, penyidik bekerja secara profesional. Jadi, siapa pun yang terlibat dalam kasus ini dan tertuang dalam BAP pasti akan dikejar penyidik," ungkap dia.

"Kami akan cek apa betul nama saksi yang diajukan memang ada kaitannya dengan kasus tersebut," kata mantan Irwasda dan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini.

Ia melanjutkan, selama ada benang merahnya dengan kasus tersebut, polisi akan melakukan pemanggilan. Lalu, kalau ada informasi dari luar tentu akan dievaluasi dan pemeriksaan ulang.

"Kami akan cek terlebih dahulu," kata dia.

Baca Juga:

Bareskrim Segera Umumkan Tersangka Baru dalam Kasus Djoko Tjandra

Sebelum melakukan gelar perkara, penyidik Dit Tipidum Bareskrim Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap lima orang saksi, pada Senin (10/8).

Dua dari lima saksi tersebut diperiksa di wilayah hukum Polda Kalimantan Barat berkaitan dengan riwayat jejak perjalanan Djoko Tjandra yang kerap keluar masuk Jakarta-Kuala Lumpur melalui jalur Pontianak.

Sehari setelahnya, Selasa (11/8) kemarin penyidik juga telah melakukan pemeriksaan tambahan terhadap tersangka Brigjen Prastijo. (Knu)

Baca Juga:

Kasus Djoko Tjandra Tamparan Keras Penegak Hukum, Aparat yang Terlibat Terus Diburu


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH