#barengjokowi, Lagu dari Slank untuk Menyerukan Persatuan Slank meluncurkan videoklip #barengjokowi, Jumat (15/3). (foto: twitter @slankdotcom)

PESTA demokrasi lima tahunan, pemilu, dirayakan berbagai kalangan Tanah Air. Tak terkecuali para musisi. Grup musik Slank jadi salah satu musisi yang ikut dalam perayaan tersebut.


1. Luncurkan videklip #barengjokowi

#barengjokowi
#barengjokowi mengajak masyarakat untuk bersatu. (foto: Twitter @slankdotcom)

Setelah video Goyang Jempol karya Marzuki 'Kill The DJ', kini Slank juga meluncurkan videoklip #barengjokowi. Uniknya, seperti dilansir Antara, video tersebut menampilkan 100 seniman, influencer, olahragawan serta budayawan. Sesuai dengan judulnya, video yang dirilis Jumat (15/3) itu merupakan bentuk selebrasi dan dukungan kepada calon presiden Joko Widodo.

"Lagu itu merupakan ajakan moral, mendukung lewat cara kami yaitu musik dan lirik. Ajakan moral itu untuk melupakan keributan. Kami ingin menjaga beliau agar tetap amanah. Lagunya sendiri gue yang bikin," kata Bimbim dalam jumpa pers di Markas Slank Duren Tiga, Jakarta, Jumat (15/3), seperti dilansir Antara.


2. Lagu yang mengajak untuk bersatu

#barengjokowi, slank
Sebanyak 100 seniman, influencer, olahragawan, dan budayawan terlibat dalam proyek tersebut. (foto: Twitter @slankdotcom)


Meskipun merupakan bentuk dukungan, band yang terdiri atas Bimbim, Kaka, Ivan dan Ridho itu mengatakan lagu itu sebenarnya dibuat untuk tujuan yang lebih luas. Mereka menyebut lagu itu untuk mengajak masyarakat membuat perbedaan, menghapus permusuhan, dan rasa saling curiga.

Sejumlah seniman, influencer, olahragawan, dan budayawan terlibat dalam proyek tersebut. Mereka antara lain Addie MS, Cathy Sharon, Christine Hakim, Ida Royani, Desta, Inul Daratista, Iis Dahlia, Oppie Andaresta, Nia Dinata, Once Mekel, Prita Laura, Tompi, Glenn Fredly, dan Butet Kertarajasa.

"Kami tidak mendaftar teman-teman penyanyi siapa yang mau ikut dari jauh-jauh hari, tapi baru empat hari yang lalu. Kami sebarkan info siapa yang mau ikut, datang, dan langsung rekaman selama empat hari. Kami menolak teman-teman yang maju jadi caleg, karena kami khawatir nanti tidak murni," ujar vokalis Slank Kaka.

Kaka menambahkan, para pihak yang terlibat dalam gerakan peluncuran video klip #barengjokowi itu tidak mendapatkan upah atau bayaran.

Grup musik yang telah eksis selama 35 tahun itu juga akan membawakan lagu itu dalam konser akbar di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 13 April mendatang. Sejumlah musisi akan terlibat dalam konser itu.(*)



Dwi Astarini