Musik

Barasuara Jadi Makin Akrab di Single 'Merayakan Fana'

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 17 Februari 2023
Barasuara Jadi Makin Akrab di Single 'Merayakan Fana'
Barasuara. (Foto: Hu Shah Records)

BARASUARA kembali hadir dengan single terbaru untuk memperkuat keakraban dan kesatuan antaranggota bertajuk Merayakan Fana. Lagu ini menjadi pembuka babak baru bagi karya mereka selanjutnya.

Band yang digawangi oleh Iga Massardi (vokal, gitar), Marco Steffiano (drums), TJ Kusuma (gitar), Gerald Situmorang (bas), Puti Chitara dan Asteriska (vokal), mengawali babak berikutnya dalam perjalanan mereka.

“Kami sudah semakin kenal dan hafal karakter masing-masing, baik dari segi musik dan non musik. Sehingga seandainya terjadi sesuatu, entah itu masalah atau proses menyatukan ide atau mencoba sesuatu yang baru, jadi lebih nyambung dan leluasa. Kami sudah lebih yakin satu sama lain,” ungkap TJ Kusuma, dalam siaran pers yang diterima Merahputih.com.

“Kami punya pembelajaran tentang diri sendiri dan bagaimana bekerja bersama di dalam satu band. Sekarang lebih mencoba mencari solusi dibanding atensi," sambung Marco.

Baca juga:

'Guna Manusia', Lagu Anyar Barasuara sebagai Bentuk Keresahan akan Lingkungan

Lagu terbaru mereka menggambarkan elemen emosi beranekaragam dan siap mengisi bagian di album ketiga yang tengah digarap. Dalam karya barunya ini, Gerald mengungkapkan lagu ini menjadi spesial karena rancangannya berkembang dan bertumbuh disesuaikan kebutuhan. Diawali dari petikan gitar, lagu itu dikembangkan agar bisa disempurnakan dengan orkestra. Merayakan Fana semakin spesial dengan sentuhan orkestra dari Erwin Gutawa.

"Tiba-tiba kepikiran pakai orkestra. Lagunya sendiri belum sepenuhnya jadi, tapi gue kontak Erwin Gutawa. Dia menyambut, akhirnya berlanjut. Dari awal sampai kita rekaman bagian orkestranya, perlu waktu lebih dari satu tahun,” ujar Gerald.

Sebagai lagu yang menandakan perjalanan satu dekade Barasuara, lagu ini juga ikut merefleksikan pertumbuhan dan perkembangan Barasuar. Mereka yang saat ini sudah lebih paham perannya masing-masing dalam menciptakan karya dan komposisi yang tepat.

Baca juga:

Collabonation Akhir 2022 Hadirkan Tulus, Barasuara, hingga Iwa K

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh BARASUARA (@barasuara)

“Ini hal yang bagus, akhirnya saya membagi peran dan mengurangi dominasi penulisan lagu. Yang lain sekarang bisa sumbang peran di sisi artistik. Di setiap belokan aransemen-nya akan ada belokan mencolok. Kita sama-sama bisa lihat dramaturgi yang moodnya berubah-ubah sesuai kebutuhan. Lagunya hampir tidak ada pengulangan secara utuh," ujar Iga Massardi.

Putri sebagai vokalis mengatakan, Barasuara kali ini lebih tenang, namun musiknya makin kencang baik dari tema dan pemaknaannya. Merayakan Fana kini sudah dirilis dan dinikmati di berbagai digital streaming platform Tanah Air.

“Semoga ini jadi sesuatu yang segar untuk band-nya dulu. Kemudian, semoga pendengar bisa ikut tertarik dan terus mendengarkan karya-karya kami,” tutup Gerald. (and)

Baca juga:

Band Indie "Barasuara" Guncang Clique Kitchen and Bar Malam ini

#Musik #Musik Indonesia #Musisi Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan