Barang 'Preloved' Ngetren di Indonesia, Mau Saingi Julia Roberts?

Rina GarminaRina Garmina - Jumat, 27 Oktober 2017
Barang 'Preloved' Ngetren di Indonesia, Mau Saingi Julia Roberts?
Tas, salah satu barang preloved yang kerap diburu. (Foto: Pixabay)

DESAIN keren, harga murah. Dua unsur itulah yang membuat orang jatuh cinta pada barang yang sudah dipakai alias preloved, tak terkecuali Julia Roberts. Keglamorannya saat menyusuri karpet merah, bintang 'Pretty Woman' itu tak lantas membuatnya malu berbelanja baju bekas.

Jika Julia Roberts telah lama gemar membeli baju bekas untuk anak-anaknya, tren preloved di Indonesia justru baru mulai sekitar empat tahun terakhir. Survei Tren 'Preloved' yang dilakukan mobile classifieds marketplace Caroussel terhadap 1.000 orang menunjukkan kian banyak masyarakat Indonesia usia 20-40 tahun yang kian menyadari nilai lebih pasar preloved.

Delapan dari sepuluh responden terbuka untuk rutin membeli barang preloved setidaknya sebulan sekali. Angka tersebut lebih tinggi daripada angka rata-rata pasar global. Gawai, barang elektronik, pakaian pria dan wanita, serta barang bermerek merupakan kategori produk preloved yang paling banyak dicari.

Menemukan barang langka juga menjadi motivasi utama sebagian besar responden saat berburu barang preloved. Motivasi lainnya ialah menghemat uang dari harga diskon. Membeli barang preloved merupakan solusi mengikuti tren dengan bujet tak setinggi membeli barang baru.

Para pengincar barang preloved ini antara lain orangtua yang mencari keperluan bayi seperti stroller serta para pencinta gawai yang alokasi anggarannya maksimal Rp 5 juta dalam setahun. Tak kalah menarik dengan hasil temuan Caroussel, perburuan tas bermerek preloved di media sosial juga terlihat cukup gencar. Dan calon konsumen terkadang harus adu cepat dengan calon konsumen lain untuk mendapatkan tas branded yang diincar.

Anda sendiri termasuk pemburu ulung barang preloved atau bukan? (*)

Baca juga artikel Isi Lemari Anda Bernilai Rp3 Juta, Sadar Tidak?

#Julia Roberts #Barang Preloved
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan