Barang Bukti yang Disita KPK Dalam OTT Anggota DPR Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (MP/John Abimanyu)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang dalam pecahan rupiah dan dolar Amerika dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang di digelar di Jakarta sejak Rabu, 28 Maret 2019 hingga Kamis dini hari tadi.

"Ada uang juga yang diamankan sebagai barang bukti. Dalam pecahan rupiah dan dolar Amerika,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/3) dini hari.

Selain uang, lembaga antirasuah juga mengamankan satu buah mobil Alphard berwarna hitam yang menjadi salah satu bukti awal dalam OTT.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: kpk.go.id
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: kpk.go.id

“Karena kami mengamankan driver juga yang membawa mobil tersebut. Kami bawa ke KPK untuk kebutuhan lebih lanjut,” jelas Febri.

Dalam operasi senyap tersebut, KPK menangkap delapan orang yang terdiri dari satu anggota DPR RI yang diduga berasal dari Fraksi Golkar berinisial BSP serta supirnya. Kemudian petinggi PT Humpuss Intermoda Transportasi (HITS) dan pejabat PT Pupuk Indonesia.

Meski demikian, Febri masih enggan membeberkan nama anggota DPR RI, pejabat PT Pupuk Indonesia serta petinggi PT Humpuss Intermoda Transportasi tersebut.

Para pihak tersebut ditangkap lantaran diduga terlibat transaksi suap. Transaksi ini berkaitan dengan jasa angkut pupuk PT Pupuk Indonesia oleh kapal milik PT Humpuss.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang ditangkap. KPK bakal menyampaikan secara rinci mengenai OTT ini dalam konferensi pers yang rencananya digelar pada sore ini. (Pon)

Baca Juga: KPK Masih Periksa Intensif Anggota DPR Fraksi Golkar yang Terjaring OTT

Kredit : ponco


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH