Bara: PAN Merapat ke Pemerintah Akan Jadi Obat Perbedaan

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Selasa, 09 Juli 2019
Bara: PAN Merapat ke Pemerintah Akan Jadi Obat Perbedaan
Wakil Ketua Umum DPP PAN, Bara Hasibuan. (Antaranews)

MerahPutih.com - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan mengklaim, wacana merapatnya PAN ke koalisi Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan menjadi obat dari perbedaan di tengah masyarakat.

"Jadi kita perlu ada hal-hal simbolik, salah satunya yang kita pikir bisa kita lakukan PAN sebagai partai politik adalah dengan bergabung ke pemerintahan Jokowi," kata Bara kepada wartawan di Jakarta, Selasa (9/7).

Ia melanjutkan, selain bergabungnya PAN ke Jokowi-Amin, ia juga berharap Jokowi juga merangkul partai-partai yang sebelumnya berseberangan.

Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan (Foto: Twitter @barahasibuan1)
Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan (Foto: Twitter @barahasibuan1)

Baca Juga: Sinyal Kuat Gabung Jokowi, PAN: Setelah Pilpres Kami Bebas!

"Jokowi memang perlu membuat pemerintahan yang bersifat inklusif, tidak bisa bersikap winner takes all. Dalam arti winner-nya itu bukan hanya dia tapi juga koalisi dari partai-partai yang ada sekarang ini," ujar Bara.

Ia beranggapan, untuk mengembalikan suasana pasca Pemilu, maka Jokowi tidak bisa mengambil sikap winner take all baik untuk dirinya maupun partai koalisi.

Menurutnya, Jokowi perlu membuat pemerintahan yang bersifat inklusif dengan cara merangkul kekuatan lain di luar partai yang selama ini mendukungnya.

"Jadi dalam semangat itu kita sepakat untuk bisa membantu Jokowi untuk membangun suatu pemerintahan yang inklusif. Dengan manifestasinya adalah PAN bergabung dengan pemerintahan," kata Bara.

Ia juga mengaku hal itu didasari dari suara kader di DPW yang lebih condong meminta PAN bergabung. "Trennya memang seperti itu bahwa banyak sekali DPW yang memang setuju dengan ide PAN bergabung ke pemerintahan," kata Bara.

Namun, untuk keputusan resmi ke mana arah politik PAN ke depannya, Bara berujar semua baru akan diputuskan melalui Rakernas PAN. (Knu)

Baca Juga: PAN dan Demokrat Gabung Koalisi Jokowi, Soetrisno Bachir: Keduanya Banyak Maslahatnya

#PAN #Joko Widodo
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan