Banyak Pohon Rindang, Ini 5 Ruang Terbuka Hijau Terbesar Dunia Banyak pohon membuat lingkungan menjadi lebih sejuk. (Foto: Fox News)

POHON menjadi salah satu kekayaan alam yang sangat berjasa bagi makhluk hidup, terutama manusia. Selain menjadi penghasil oksigen, pohon juga salah satu bagian dari alam yang membuat lingkungan menjadi lebih sejuk. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi pemanasan global dan perubahan iklim, seperti menanam pohon salah satunya. Semakin banyak pohon maka semakin sejuk pula lingkungan kita.

Dalam rangka memperingati Hari Pohon Internasional yang jatuh setiap 21 November, yuk simak beberapa kota di dunia yang sejuk karena masih ditutupi banyak pohon rindang! Menjadikan tempat-tempat ini kawasan terbuka dengan tutupan hijau (pohon) terbesar dunia. Melansir berbagai sumber, merahputih telah merangkumnya. Yuk simak!

Baca juga:

Kisah Viral Perempuan yang Menikah dengan Pohon, Alasannya Bikin Elus Dada

1. Central Park

central park, ruang terbuka hijau
Terdapat danau di tengah-tengah Central Park. (Foto: National Geographic)

Central Park didirkan pada 1857 dengan luas sekitar 843 hektar yang berada di kawasan Manhattan, New York. Tempat ini sangatlah luas untuk ukuran hutan di tengah kawasan urban dan sangat cocok untuk refreshing sejenak.

Ada beberapa fasilitas taman yang bisa menjadi spot tempatmu berfoto, seperti air terjun mini, taman seluncur es, danau, bangunan kuno, area berain, dan fasilitas lainnya. Central Park juga memiliki banyak peraturan yang wajib ditaati.

Para pengunjung dilarang untuk membawa minuman beralkohol, merokok, dan menerbangkan drone di kawasan tersebut. Biasanya, para pengunjung melakukan aktivitas seperti membaca buku, bersepeda, jogging, dan duduk di bangku taman.

2. Forest of Belfast

forest of belfast, pohon rindang
Belvoir Park terletak di Irlandia. (Foto: templetonrobinson)

Irlandia disebut sebagai Emerald Isle karena memiliki banyak ruang terbuka hijau baik di pedesaan maupun perkotaan. Salah satunya adalah Forest of Belfast yang terletak di bagian utara Irlandia.

Area hutan kota yang sangat luas ini meliputi seluruh kota Belfast dengan beberapa hutan, seperti Colin Glen Forest Park, Gortin Forest Park, dan Belvoir Forest Park.

Hutan kota ini memiliki sekitar 200 pohon yang ditanam sejak 1998. Pengelola Forest of Belfast bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk menjadikan kota tersebut sebagai urban forest terbesar di dunia.

3. Ibirapuera Park

ibirapuera park, ruang terbuka hijau
Peresmian taman yang bertepatan dengan ulang tahun kota Sao Paulo. (Foto: Culture Trip)

Ibirapuera Park berada di Sao Paulo, Brasil yang dibuka untuk umum sejak 21 Agustus 1954. Taman yang dirancang oleh Robert Burle Marx dan Oscar Niemeyer ini diresmikan bertepatan dengan ulang tahun kota Sao Paulo yang ke-400.

Taman ini memiliki luas sekitar dua kilometer persegi sehingga kamu bisa menikmati sepanjang perjalanan di Ibirapuera Park sampai puas. Tak hanya pemandagannya yang hijau, kamu juga berkunjung ke Museum of Modern Art yang berada di Ibirapuera Park. Museum tersebut memiliki lebih dari 4.000 seni kontemporer karya seniman Brasil.

Taman ini memang didirikan dengan tujuan utama untuk acara-acara musik. Salah satu tempat yang mencuri perhatian di taman ini adalah Auditorium Ibirapuera yang merupakan hasil karya Neimeyer dengan sejumlah koleganya.

Baca juga:

Mengenal Bangsa Ent, Manusia Pohon dalam 'Lord of the Rings'

4. Lumpini Park

lumpini park, pohon rindang
Terinspirasi dari Kebun Raya Bogor. (Foto: traveltriangle)

Negara Asia juga memiliki salah satu ruang terbuka hijau terbaik di dunia, yakni Lumpini Park. Taman kota ini berada di Bangkok, Thailand. Lumpini Park adalah taman terbesar dan tertua di Thailand yang terinspirasi dari Kebun Raya Bogor di Indonesia.

Suatu ketika, Raja Rama V Chulalongkorn, penguasa Thailand pada saat itu berkunjung ke Indonesia pada abad ke-19. Salah satu tempat yang ia kunjungi adalah Kebun Raya Bogor.

Setelah ia kembali ke negara asalnya, ia mengaku begitu inspirasi dengan keindahan dan keasrian Kebun Raya Bogor. Taman ini dilengkapi oleh ekosistem yang ada, seperti hewan-hewan buas beserta pohon dan bunga yang begitu indah. Jadi ingin liburan!

5. Karura Forest

karura forest, pohon rindang
Tempat tinggalnya para spesies hewan. (Foto: Potentash)

Kamu mungkin berpikir bahwa Negara Afrika terkenal dengan tempatnya yang panas dan gersang. Siapa sangka, ternyata Afrika memiliki hutan kota yang memukau, yakni Karura Forest.

Hutan yang terletak di Nairobi, Kenya ini memiliki luas sekitar satu hektar dan menjadi tempat tinggal 200 spesies burung, monyet hutan, babi, landak, musang Afrika, dan lain sebagainya.

Hutan ini cocok untuk bersepeda, berlari, atau berjalan di bawah rindangnya pohon dengan rute 50 meter. Kamu juga bisa melihat air terjun, hutan bamboo, dan tanah rawa. (And)

Baca juga:

Cerita Beringin, Dari Pohon Keramat Hingga Simbol Partai



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH