Banyak Petugas Pemilu yang Meninggal, Begini kata Ketua DPR Ketua DPR Bambang Soesatyo menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan LKBN ANTARA. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Ketua DPR, Bambang Soesatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas meninggalnya para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan aparat kepolisian saat mengamankan Pemilu 2019.

“Saya menyamaikan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya kepada para korban serta keluarga yang ditinggalkan. Pengorbanan mereka dalam menegakkan demokrasi di Indonesia tidak akan sia-sia,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/4).

Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperlihatkan contoh surat suara Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (10/12). (Foto: Antara/Reno Esnir)
Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperlihatkan contoh surat suara Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (10/12). (Foto: Antara/Reno Esnir)

Dalam keterangan tersebut, Bambang juga meminta Pemerintah Daerah untuk membantu memberikan pengobatan gratis kepada para Petugas KPPS, Polri, dan TNI yang sakit dan dirawat setelah selesai menjalankan tugas Pemilu.

“Bahkan sejak awal sudah seharusnya nyawa dan kesehatan mereka diasuransikan, sehingga kehadiran negara untuk memperhatikan para petugas KPU dan Polri yang gugur di medan juang Pemilu dirasakan oleh mereka dan keluarganya,” ucapnya.

Atas kejadian ini, Kata Bambang, pemerintah medapat banyak evaluasi dan catatan untuk dijadikan pelajaran agar Pemilu selanjutnya bisa berjalan lebih baik.

“Berbagai catatan penting tersebut akan menjadi bahan masukan dalam rapat kerja DPR RI dengan KPU, TNI, Polri, maupun pihak pemerintah lainnya," katanya. (Knu)

Baca Juga:Marak Anggota KPPS Meninggal, Petugas Puskesmas Cek Kesehatan Dadakan


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH