Banyak Orang Terlanjur Percaya, 4 Hal Seputar Rabun Jauh Ini Ternyata Mitos Beberapa pernyataan yang ternyata mitos tentang rabun jauh. (Foto: The Straits Times)

MATA minus atau miopia merupakan salah satu masalah mata yang dialami mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak jarang dari mereka pada akhirnya menggunakan kacamata untuk membantu penglihatan agar lebih jelas. Tapi, ingatkah ketika masih kecil orangtuamu sering menasehati untuk melindungi mata kita? Seperti banyak makan wortel agar mata tetap sehat, jangan baca buku di ruangan yang minim cahaya, dan lain sebagainya.

Umumnya ketika kita masih kecil akan mudah percaya apa yang dikatakan orangtua. Terdapat banyak pernyataan yang berhubungan dengan kesehatan mata. Dilansir dari berbagai sumber, berikut mitos dan fakta seputar rabun jauh.

Baca juga:

5 Makanan Ini Dapat Menjaga dan Mempertajam Pengelihatan Kamu

1. Mengonsumsi wortel membuat mata sehat

Banyak Orang Terlanjur Percaya, 4 Hal Seputar Rabun Jauh Ini Ternyata Mitos
Kelebihan vitamin A pun tidak bagus untuk kesehatan mata. (Foto: Pixabay/Couleur)

Makanan tentu sangat berpengaruh bagi penglihatan mata. Namun mengonsumsi wortel sepanjanga hari bukan berarti membuat penglihatan semakin bagus.

Faktanya, wortel mengandung karoten dan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Sumber karoten tidak hanya wortel, buah lain seperti manga dan pepaya juga bisa dikonsumsi. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin A juga bisa ditemukan di keju, kuning telur, dan hati.

Perlu diingat, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penglihatan yang buruk. Namun, kelebihan vitamin A pun tidak berpengaruh pada peningkatan penglihatan. Mengonsumsi wortel hannya akan menjaga kualitas penglihatan tidak menurun.

2. Membaca di ruangan yang minim cahaya

Banyak Orang Terlanjur Percaya, 4 Hal Seputar Rabun Jauh Ini Ternyata Mitos
Kondisi ruangan yang minim cahaya membuat mata akan terasa sakit. (Foto: Total Focus)

Tempat dengan kondisi minim cahaya akan menyulitkan mata dalam menentukan fokus ketika membaca. Hal ini menyebabkan otot-otot mata harus bekerja lebih keras dan berujung pada mata lelah, kering, dan nyeri kepala yang sifatnya hanya sementara.

Analogi yang bisa diambil yakni jika kamu mengambil gambar dalam cahaya yang redup, maka bukan berarti kameramu yang rusak. Semakin terang cahaya yang masuk ke retina, maka akan semakin fokus pula kita membaca.

Baca juga:

Mata Minus Menghalangi Aktivitasmu? Atasi dengan Cara-Cara Ini

3. Melihat pemandangan hijau akan menyembuhkan rabun jauh

Banyak Orang Terlanjur Percaya, 4 Hal Seputar Rabun Jauh Ini Ternyata Mitos
Melihat pemandangan hijau membantu menyejukkan mata. (Foto: Pixabay/Pexels)

Pernahkah kamu duduk di depan layar komputer atau membaca buku yang tebal dalam jangka waktu yang lama? Apakah badan terasa pegal-pegal? Demikian halnya dengan mata. Otot-otot mata pun juga butuh relaksasi dari aktivitas yang kita lakukan.

Faktanya, melihat pemandangan hijau atau laut adalah kegiatan bukan untuk menyembuhkan rabun jauh melainkan sebagai relaksasi mata yang terasa lelah. Dilansir dari laman Asia One, Dr Jovina See, Direktur klinis Shinagawa Eye Center mengatakan bahwa memandangi pepohonan hijau tidak membantu mengurangi atau mengobati miopia.

Tetapi membuat kita untuk mengambil jeda untuk melihat dari kejauhan dan dapat membantu mencegah perkembangan miopia.

4. Menonton TV dari jarak yang terlalu dekat

Banyak Orang Terlanjur Percaya, 4 Hal Seputar Rabun Jauh Ini Ternyata Mitos
Melihat layar dari jarak dekat hanya membuat mata lelah. (Foto: HonestDocs)

Ketika sedang menonton TV atau atau melihat layar komputer dengan jarak yang terlalu dekat akan menyebabkan mata lelah dan nyeri kepala namun tidak akan merusak penglihatan.

Mereka yang cenderung menderita rabun jauh dan memakai kacamata justru harus melihat sesuatu dari jarak dekat. Jika sering melihat dari jarak dekat, sebaiknya istirahatkan mata terlebih dahulu dengan melihat kejauhan. (And)

Baca juga:

Kenali Tanda Kerusakan Sklera, Si Putih Pelindung Bola Mata


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH