Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan Jiwa, Bernyanyilah! Bernyanyi memiliki ragam dampak positif (Foto: pexels/pixabay)

MUNGKIN kamu tidak sadar atau tak sengaja, kita sering bernyanyi dan bersenandung saat mendengarkan lagu. Terlebih lagu favorit dari grup musik ternama. Ternyata, dengan menyanyi kamu bisa merasakan ketenangan dan memperbaiki kesehatan mental. Bahkan, berteriak saat bernyanyi mampu melepaskan isi hati kamu. Memberikan rasa bahagia dan sukacita. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini empat manfaat bernyanyi seperti yang dilansir dari laman alodokter.

Baca juga:

Hal-Hal Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jiwamu

1. Mengurangi beban pikiran

Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan Jiwa, Bernyanyilah!
Bernyanyi sebagai relaksasi pikiran (Foto: pexels/ray rodriguez)

Faktanya, bernyanyi memiliki beragam manfaat. Terutama bagi kesehatan jiwa. Lika-liku kehidupan yang seringkali membebani pikiran, dapat diredakan dengan bernyanyi. Saat bernyanyi, hormon kortisol atau hormon stres mengalami penurunan. Kondisi hati dan pikiran jadi membaik dan terasa lebih melegakan.

Beberapa penelitian mengungkapkan grup vokal atau paduan suara memiliki kesehatan mental baik. Bahkan, terhindar dari gangguan kejiwaan seperti depresi atau lainnya. Sekalipun kamu tak terlalu suka bernyanyi, cobalah terapkan sesekali waktu. Bernyanyi juga bisa meredam rasa cemas, gelisah dan sedih. Bila tak merasa lebih baik, konsultasikan dengan dokter.

2. Cegah demensia

Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan Jiwa, Bernyanyilah!
Nyanyi cegah penyakit demensia dini (Foto: pixabay/pexels)

Bernyanyi efektif mencegah penyakit demensia usia dini. Gangguan berpikir dan penurunan daya ingat akibat kerusakan sel saraf otak. Biasanya, dipicu faktor genetik atau kelainan protein otak. Tak hanya itu, gejala demensia juga dikarenakan kekurangan vitamin, mineral, efek samping obat, keracunan, mengalami tumor otak, kelainan metabolisme, multiple sclerosis dan subdural hematoma.

Jenis demensia yang paling sering dialami, meliputi penyakit Alzheimer dan demensia vaskular. Pengobatan demensia bisa dilakukan dengan rutin bernyanyi. Lantunan musik merangsang fungsi otak dan organ tubuh, seperti telinga, pita suara dan bagian lainnya untuk lebih aktif. Tubuh akan terangsang untuk menggali memori dalam melafalkan lirik lagu.

Baca juga:

Dengan Tekanan yang Tinggi, Profesi Berikut Rentan Membuat Depresi

3. Ajang bersosialisasi

Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan Jiwa, Bernyanyilah!
Aktivitas nyanyi bisa jadi ajang sosialisasimu (Foto: pixabay/ronporter)

Tak hanya efektif meringankan beban pikiran, menekuni hingga menjadikan nyanyi sebagai aktivitas rutin juga berdampak baik. Bahkan, banyak yang menjadikannya sebagai ajang sosialisasi.

Bagaimana tidak, jika seseorang bergabung dalam perkumpulan yang orientasinya bernyanyi. Maka, kamu akan terlibat dalam jalinan hubungan dengan lingkungan baru.

Berkumpul bersama teman sepermusikan bisa jadi alternatif menyenangkan. Tak hanya sekadar berkumpul, bisa juga membentuk kedekatan dan kepedulian sosial yang lebih mendalam.

4. Tingkatkan kepercayaan diri

Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan Jiwa, Bernyanyilah!
Tingkatkan rasa percaya diri dengan bernyanyi (Foto: pexels/public domain picture)

Salah satu cara mengekspresikan diri bisa melalui musik, terutama bernyanyi. Tak perlu mencemaskan kualitas suaramu, petiklah sisi positifnya. Bernyanyi bisa jadi cara terbaikmu untuk melepaskan beban pikiran dan memperbaiki kesehatan mental. Bahkan, bernyanyi sekaligus menambah kepercayaan diri. Melihat berbagai manfaatnya, tunggu apa lagi? Mulailah bernyanyi! (Dys)

Baca juga:

Kelainan Mental yang Berpotensi Melakukan Bunuh Diri


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH