Kesehatan

Banyak Makan Telur Bikin Bisul, Mitos atau Fakta?

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 10 Juli 2021
Banyak Makan Telur Bikin Bisul, Mitos atau Fakta?
Sebagian orang ada yang alergi telur. (Foto: Unsplash/wenping wang)

TELUR oh telur. Makanan ini memang wajib jadi persediaan setiap rumah tangga karena rasanya yang lezat, murah, dan mudah didapat. Tapi apa benar, konsumsi telur dalam jumlah banyak bisa bikin bisul?

Telur merupakan sumber protein dan kaloru yang baik. Makanan dari unggas ayam ini memiliki hampir setiap nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin E, folat, asam lemak omega-3, hingga selenium. Namun sayangnya, masih banyak orang yang enggan mengonsumsi telur karena makanan ini dianggap bisa menyebabkan bisul.

Mengutip laman Alodokter, anggapan yang menyebutkan banyak makan telur dapat menyebabkan bisul hanyalah mitos. Hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan kebenarannya.

Baca juga:

Amankah Konsumsi Telur Mentah? Ini Penjelasannya

Banyak Makan Telur Bikin Bisul, Mitos atau Fakta?
Telur tidak bikin bisul. (Foto: Unsplash/Shreyak Singh)

Perlu diketahui bahwa bisul bukan disebabkan oleh makanan tertentu, melainkan infeksi bakteri di kulit atau kulit tertusuk rambut. Bisul juga terjadi ketika kulit mengapami infeksi karena luka terbuka atau gigitan serangga.

Di samping itu ada banyak faktor lain yang dapat memicu munculnya bisul, yakni kontak fisik langsung dengan orang yang menderita bisul, tidak menjaga kebersihan tubuh, sistem kekebalan tubuh yang lemah, obesitas, hingga kebiasaan sering mencukur bulu atau rambut.

Telur memang bukan penyebab munculnya bisul, tetapi sebagian orang memang bisa mengalami alergi telur. Jika mereka terpaksa mengonsumsi atau tidak sengaja memakan telur, bisa mengalami masalah kulit, seperti gatal-gatal, bentol, dan muncul ruam di kulit. Reaksi pertama kali yang dilakuan mungkin akan sering menggaruk kulitnya. Jika digaruk berlebihan atau secara kasar, maka akan menimbulkan luka di kulit.

Baca juga:

Cuma Ada Telur? Tenang, 3 Resep Kekinian Ini Bisa Dicoba di Rumah

Banyak Makan Telur Bikin Bisul, Mitos atau Fakta?
Punya nutrisi yang dibutuhkan tubuh. (Foto: Unsplash/Carnivore Style)

Selain bisul atau masalah di kulit, orang yang alergi telur juga daapat mengalami gejalan lain, seperti sakit perut, muntah, dan diare. Meski jarang terjadi, pada kasus tertentu, alergi telur juga bisa menyebabkan reaksi alergi parah yang disebut anafilaksis. Namun kasus ini sangat jarang muncul.

Jadi kesimpulannya, telur tidak menyebabkan bisul dan aman dikonsumsi oleh orang yang sehat dan tidak memilki riwayat alergi telur. Sementara itu, pada orang yang memiliki alergi telur, asupan telur mungkin perlu dibatasi atau dijauhi. (and)

Baca juga:

Telur Asin, Enak Sih Tapi….

Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan