Banyak Macamnya, ini Nih Bakso Favorit Khas Indonesia Bakso hangat favorit banyak orang. (foto: Instagram @nyonyadaulika)

'BAKSO bulat seperti bola pingpong. Kalau lewat membikin perut kosong'.

Penggalan lirik lagu Abang Tukang Bakso milik Melisa itu pasti lekat banget di ingatan kamu yang besar di era 90-an. Tak hanya lagunya, kebiasaan makan bakso di sore hari, saat santai, juga jadi hal yang digemari.

BACA JUGA: Si Pahit Kaya Manfaat

Ya, bakso memang sajian yang jadi banyak favorit orang Indonesia. Sepintas sih, bakso dari daerah mana pun di Indonesia terlihat sama.

Namun, jangan salah, ada loh beberapa bakso khas dari beberapa daerah di Indonesia yang jadi favorit.


1. Bakso Solo

bakso solo
Bakso Solo punya kuah bening dan kaldu banget. (foto: instagram @bakso_dontkaget)

Ciri khas bakso Solo ialah kuah yang bening dengan rasa nikmat kaldu yang natural. Selain itu, tekstur baksonya juga padat. Rasa sapi pada bakso Solo amat kuat karena umumnya bakso ini menggunakan campuran daging sapi di atas 90%.

Nah, kalau kamu makan bakso ini di kota asalnya, banyak warung yang menjual balungan iga yang disajikan dalam semangkuk bakso. Ada juga yang melengkapi bakso dengan hidangan sampingan berupa gorengan tahu dan bakwan.

2. Bakso Malang

bakso malang
Banyak varian untuk bakso Malang. (foto: Instagram @petakuliner_id)


Kota Malang seolah identik dengan sajian bakso. Yang bikin bakso dari sini terkenal ialah variasi sajian yang beragam.

Kalau bakso pada umumnya yang berisi bakso, tahu, pangsit, mi, dan sawi. Bakso Malang punya ragam pilihan yang bahkan bisa dibeli satuan, jadi bukan per porsi. Pilihan yang tersedia, yakni bakso goreng, bakso halus, bakso urat, pangsit goreng, siomay, tahu, mi kuning, dan sohun.

3. Bakso Cuanki

bakso cuanki
Bakso cuanki khas Bandung. (foto: Instagram @alvin_nathaniel)


Di Jawa Barat, seperti Bandung dan Bogor, bakso cuanki jadi favorit. Saking favoritnya, bakso ini bahkan kerap disebut bakso Bandung.

Tampilannya sajian ini hampir menyerupai bakso Malang. Namun, bakso cuanki memiliki ukuran yang lebih kecil. Selain itu, kuah bakso cuanki bukan dari daging sapi seperti bakso lainnya, melainkan dari rebusan tulang ikan.

4. Bakso Babi Bali

bakso babi
Bakso babi khas Bali. (foto: Instagram @widyantarawayan)

Sajian satu ini sudah pasti enggak halal. Jika bakso umumnya terbuat dari daging sapi atau ayam, bakso sapi dibuat dari daging babi. Enggak banyak daerah di Indonesia punya tempat makan bakso babi. Bali salah satu daerah yang punya sajian khas ini.

Bakso babi di Bali disajikan dalam berbagai varian, yakni bakso halus, bakso kasar, bakso jumbo, bakso rawit, bakso isi telur puyuh, bakso isi daging cincang, bakso usus goreng, bakso paru goreng, bakso goreng, siomay basah, siomay goreng, dan siomay tahu goreng. Ada juga iga babi rebus dan siomay tahu rebus.


5. Bakso Bakar

bakso bakar
Bakso bakar jadi camilan favorit. (foto: Instagram @peluangusahamurah)


Biarpun enggak berkuah, bakso yang satu ini juga sangat populer. Bakso ini dijual dengan bumbu pedas. Penggemarnya pun sangat banyak.

Bakso bakar terbuat dari bakso-bakso yang ditusuk jadi satu, lalu dibakar dengan bumbu kecap dan saus pedas. Beberapa penjual juga menggunakan pentol yang ditusuk dan dibakar supaya harganya lebih ekonomis.

Wah, enak semua ya. Mana nih favorit kamu?(dwi)

BACA JUGA: Mau Tahu Apa Minuman Ngetren Saat Ini? Yuk Intip Daftar Berikut



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH