Banyak Kader Polri Pimpin Lembaga Lain, Ahli Intelijen Sindir Sipil Harusnya Terpecut Ketua KPK terpilih Irjen Firli Bahuri. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Pengamat intelijen dan keamanan Stanislaus Riyanto menegaskan banyak tokoh Polri yang menduduki jabatan strategis di pemerintah bukan masalah. Malah, dia menyindir fakta ini seharusnya menjadi pecut bagi kalangan sipil untuk berprestasi dalam berkompetisi.

"Justru harusnya hal ini menjadi pemicu bagi masyarakat sipil untuk meningkatkan kualitasnya sehingga mampu bersaing dengan kader-kader dari TNI-Polri," kata Stanislaus, kepada MerahPutih.com, Jakarta, Rabu (18/9).

Baca Juga:

Mabes Polri Jelaskan Kolaborasi Koopssus TNI dan Polri Dalam Memerangi Terorisme

Stanislaus menilai sampai saat ini kader korps Polisi dan TNI memang masih dibutuhkan di institusi sipil. Menurut dia, kader dari TNI dan Polri dalam beberapa hal lebih unggul dari sipil karena memang mempunyai disiplin yang tinggi dan jaringan yang kuat.

"Hal tersebut yang sulit ditandingi oleh masyarakat sipil," tegas peraih program Doktoral Ilmu Intelijen Universitas Indonesia (UI) itu.

tani
Pengamat Intelijen dan Keamanan Stanislaus Riyanta. (FOTO: Kiriman Stanislaus Riyanta/Dok-Pribadi).

Apalagi, kata Stanislaus, keberadaan anggota TNI-Polri yang masih aktif maupun purna yang punya jabatan di luar organisasi asal tidak perlu dipermasalahkan selama tidak melanggar aturan yang berlaku. Dia mengambil contoh kasus terpilihnya Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK baru.

Baca Juga:

Adu Kaya 10 Capim KPK, Wakil Polri Paling Tajir

Menurut Stanislaus, harusnya publik tak perlu ragu dengan Firli karena Kapolda Sumatera Selatan itu sudah melalui proses pansel yang sangat ketat. Dia yakin sosok Firli bakal mampu bekerja dengan baik di KPK, merujuk kesuksesan eks purnawirawan Polri Taufiqurochman Rukki yang memimpin KPK Jilid 1.

"Pansel sudah selektif. Firli bukan orang baru di KPK dia pernah disana. Kalau dia mempertanyakan ada pelanggaran etik itu sudah cleaer. Dan pansel sudah menyatakan kalau itu sudah clear. Secara konsttusi pak Firli sudah siap dan sah menjadi pimpinan KPK," tutup ahli intelijen itu. (Knu)

Baca Juga:

IPW Sebut Inisial 7 Jenderal Purnawirawan Polri Peserta Rapat Makar Eks Kapolda Metro


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH