Bantuan Makanan yang Paling Cocok Disumbangkan untuk Korban Banjir Banjir yang terjadi di awal tahun ini. (Foto: antaranews)

AWAL Januari 2020 telah terjadi bencana banjir di banyak wilayah Indonesia. Banjir parah khususnya terjadi di wilayah Jabodetabek. Bencana banjir tersebut jelas memberi dampak yang mengerikan bagi warga yang mengalaminya. Keadaan para korban bencana banjir sangat menyedihkan dan butuh pertolongan dengan cepat.

Jenis bantuan yang dibutuhkan mereka sangat beragam. Mulai dari kebutuhan primer, tersier, sampai sekunder. Namum, banyaknya akses yang terputus, membuat proses evakuasi korban dan distribusi bantuan terhambat. Hal ini akan berdampak meluasnya ancaman yang lebih serius bagi para korban banjir.

Agar ancaman yang lebih serius bisa ditekan, semua pihak yang membantu menolong korban perlu mengkategorikan jenis-jenis bantuan yang paling dibutuhkan para korban. Sebut saja jenis bantuan makanan. Akses yang terputus berakibat pada sulitnya para korban untuk mencari makanan. Efeknya adalah para pengungsi akan mengalami kelaparan.

Baca juga:

Kota-Kota Dunia yang Berhasil Melawan Banjir

Nah, ada yang perlu diperhatikan bagi kamu yang ingin membantu membagikan bantuan makanan-makanan bagi para korban banjir. Jenis-jenis bantuan makanan tertentu dapat berperan secara maksimal. Makanan siap saji, mudah diolah dan bergizi adalah yang paling tepat bagi korban banjir. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang cocok disumbangkan kepada korban dan pengungsi banjir yang terisolir.

Biskuit

Bantuan Makanan yang Paling Cocok Disumbangkan untuk Korban Banjir
Memiliki kandungan lemak yang tinggi dan kaya serat. (Foto: Pixabay/Skeeze)

Hal mendasar yang perlu dipikirkan adalah cara para korban agar dapat makan tanpa menghabiskan waktu banyak di sebuah ruang yang cukup. Biskuit bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jenis makanan mungil ini sering dijadikan makanan disaat luang. Biskuit memiliki kandungan yang cukup untuk mengisi perut dan berfungsi menambah energi.

Dalam biskuit terkandungan lemak yang tinggi tapi karena seratnya banyak, cukup untuk mengisi perut ketika lapar. Perlu diperhatikan agar kemasan biskuit tidak basah dan tetap renyah.

Telur

Bantuan Makanan yang Paling Cocok Disumbangkan untuk Korban Banjir
Perlu ekstra hati-hati dalam penyimpanan. (Foto: Pexels/Julian Schwarzenbach)

Dalam kondisi mendesak, telur yang direbus maupun digoreng cocok menjadi makanan saat perut kosong. Mengolah telur juga dianggap cukup praktis disaat keadaan mendesak.

Dalam telur banyak terkandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Sebutir telur saja mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsiun dan zinc.

Kandungan-kandungan tersebut sangat cukup untuk mengganti energi yang sudah terkuras dalam menghadapi bencana banjir. Mudah pecah dan gampag busuk, telur butuh perhatian saat penyimpanan.

Baca juga:

Sakit Kepala Kerap Melanda kala Hujan? Ini Cara Ampuh Mencegahnya

Bubur

Bantuan Makanan yang Paling Cocok Disumbangkan untuk Korban Banjir
Cocok untuk sarapan dan mengenyangkan. (Foto: Pixabay/fadhilasqar)

Bubur bisa menjadi pilihan makanan yang tepat untuk membantu para korban banjir. Mendapatkannya juga cukup gampang dan mempersiapkannya bisa dilakukan di rumah. Untuk penyimpanannya juga terbilang cukup simpel.

Bubur sangat cocok dijadikan menu enak sarapan pagi dan gampang. Mudah membuat perut terisi kenyang dan dapat menambah energi.

Buah-buahan Kering

Bantuan Makanan yang Paling Cocok Disumbangkan untuk Korban Banjir
Kurma cocok untuk menekan tingkat stres saat mengalami bencana. (Foto: msn)

Buah-buahann sangat berguna untuk kesehatan. Salah satunya adalah buah-buahan kering. Terkenal dengan rasa segarnya, buah manis juga sangat mudah untuk disimpan dengan gampamg. Selain itu saja, buah kering juga diperlukan oleh tubuh.

Sebagai contoh, kurma. Buah kering gampang untuk dibawa dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kurma kaya akan nutrisi, sehingga bisa memulihkan energi dan melawan stres saat menghadapi bencana.

Mie Instan

Bantuan Makanan yang Paling Cocok Disumbangkan untuk Korban Banjir
Karbohidrat tinggi namun tidak bertahan lama. (Foto: Pixabay/RitaE)

Mie instan dikenal sebagai penyelamat disaat terjadinya bencana. Pengolahannya sangat praktis dan terkandung cukup sumber energi. Mie instan juga mempunyai kandungan karbohidrat cukup tinggi.

Kandungan karbohidrat pada mie instan tidak bisa bertahan lama, namun cukup menolong dalam situasi mendesak. Mie instan dapat diandalkan sebagai pengganti nasi. (Lgi)

Baca juga:

Jangan Hujan-hujanan, Bahaya Nyata Mengancam Kesehatan



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH