Bantuan Indonesia Tiba di Yangon Myanmar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 22 September 2017
Bantuan Indonesia Tiba di Yangon Myanmar
Petugas menurunkan barang bantuan untuk Rohingya dari pesawat Hercules. (Biro Pers Setpres/Cahyo)

MerahPutih.com - Bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk para pengungsi Rohingya tiba di Bandara Internasional Yangon, Myanmar, Kamis (21/9) siang.

Pesawat Hercules A 1319 tiba sekira pukul 13.30 waktu setempat atau 14.00 WIB. Berselang tiga puluh menit kemudian, pesawat Hercules A 1316 juga mendarat di Bandara Internasional Yangon, Myanmar.

Kedatangan kedua pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan tersebut disambut langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Myanmar Ito Sumardi.

"Bantuan ini bisa terlaksana karena sudah dibuka jalurnya yaitu melalui pembicaraan antara Ibu Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi) dengan Aung San Suu Kyi dan dengan Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar," ujar Ito Sumardi seperti dilaporkan peliput Biro Pers Serkretariat Presiden Rosi Imaniah dari Yangon, Myanmar.

Ito pun menyampaikan apresiasi atas bantuan dan kepedulian rakyat Indonesia terhadap krisis kemanusiaan yang terjadi di Rakhine State.

"Ini adalah salah satu wujud nyata dari upaya pemerintah Indonesia untuk memberikan perhatian dalam hal krisis kemanusiaan yang ada di sini," ungkapnya.

Untuk diketahui, Indonesia pagi ini mengirimkan bantuan kemanusiaan sebesar kurang lebih 20 ton ke Myanmar. Sekira pukul 11.00 WIB, dua pesawat Hercules bertolak menuju Myanmar melalui Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda, Aceh.

Kedua pesawat tersebut membawa sejumlah bantuan kemanusiaan, diantaranya makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil, paket makanan siap saji, tenda, tangki air, kain sarung, dan obat-obatan. (*)

Baca juga berita lainnya tentang Rohingya dalam artikel: Indonesia Kirim Beras 2.000 Ton Untuk Rohingya

Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan