Bantu Perangi COVID-19, Fitbit akan Produksi Ventilator untuk Pasien

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 17 Mei 2020
Bantu Perangi COVID-19, Fitbit akan Produksi Ventilator untuk Pasien
Perusahaan Fitbit ikut berkontribusi perangi COVID-19 dengan membuat ventilator. (Foto Engadget)

SALAH satu perusahaan yang bergerak di bidang perangkat wearable kesehatan dan kebugaran, Fitbit, dikabarkan akan memproduksi ventilator bagi pasien yang terjangkit virus Corona (COVID-19). Dalam sebuah wawancara kepada CNBC, Kepala perusahaan James Park mengatakan bahwa Fitbit mengalihkan produksi mereka untuk membuat peralatan yang berpotensi menyelamatkan jiwa.

Melansir laman Engadget, salah satu alasan Fitbit memproduksi ventilator ialah memenuhi permintaan akibat banyaknya pasien COVID-19 saat ini. Selain itu, Park mengatakan bahwa Fitbit akan membantu meningkatkan pasokan nasional untuk perangkat medis. “Ada banyak kekhawatiran mengenai kekurangan ventilator dan kami menyadari bahwa sudah memiliki keahlian di sekitar rantai pasokan,” ucap Park.

BACA JUGA: Kolaborasi Hotel dan Platform Donasi Membantu Memerangi COVID-19




Park mengklaim ventilator besutan perusahaannya tersebut akan menjadi desain yang 'paling canggih' yang tersedia dengan harga 'lebih rendah' jika dibandingkan dengan ventilator lainnya. Seperti yang diberitakan The Verge, sebagian besar ventilator yang ada saat ini harganya ribuan dollar, dan yang paling canggih bisa mencapai US$50 ribu atau sekitar Rp743,9 juta.

fitbit
Sebelumnya, Fitbit memproduksi alat pendeteksi kebugaran tubuh. (Foto Fitbit)

Asisten profesor Orgeon Health and Science University menanggapi rencana Fitbit. Menurutnya, versi final ventilator Fitbit akan berada di suatu tempat dari ventilator darurat dan premium grade.

Nantinya, Fitbit berencana menyerahkan desain ventilatornya ke Food and Drug Administration (FDA) dalam kategori perizinan penggunaan darurat di masa mendatang. Perizinan itu bertujuan memungkinkan produk medis sebelumnya tidak memiliki izin dari FDA untuk digunakan dalam upaya penyelamatan penyakit berbahaya.



fitbit
Ventilator besutan Belkin. (Foto Soyacincau)


Perusahaan yang memproduksi pelacak kebugaran (fitness tracker) ini sedikit lebih lambat untuk bergabung memproduksi ventilator jika dibandingkan dengan produsen lain. GM dan Ford telah menawarkan ruang manufaktur untuk sejumlah perusahaan ventilator guna membantu mereka memproduksi lebih banyak unit. NASA juga mengembangkan ventilator yang dirancang khusus untuk pasien COVID-19 dan telah menerima izin sejak 30 April lalu.

Produsen aksesoris ponsel Belkin juga telah mengembangkan ventilator darurat penggunaan tunggal hasil kerja sama dengan University of Illinois yang tengah dalam proses pengkajian untuk perizinan penggunaan darurat. Meksi sedikit terlambat, langkah Fitbit merupakan gerakan yang baik dan kita berharap dapat menjadi solusi. (And)

BACA JUGA:

#MEInang #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan