Bantu Mahasiswa Baru Belajar Jarak Jauh, Mahasiswa Unair Bikin Aplikasi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 25 Maret 2021
Bantu Mahasiswa Baru Belajar Jarak Jauh, Mahasiswa Unair Bikin Aplikasi
Pencipta aplikasi analitica Hilmy Muktafi. (Foto: Hilmy)

MerahPutih.com - Mahasiswa Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga menciptakan aplikasi layanan pembelajaran jarak jauh terutama untuk menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Analitica diciptakan sebab adanya keresahan dari dampak pandemi COVID-19 pada pendidikan. Kita tidak bisa belajar secara tatap muka karena kekhawatiran terhadap penyebaran virus yang tidak bisa terhindarkan,” ujar Pembuat aplikasi Hilmy Muktafi, Hilmy, Rabu, (24/3).

Baca Juga:

Gegayaan Barista di ICE 2021, Stylish Abis

Ia menambahkan, jalannya pendidikan tak mungkin berhenti hingga menunggu pandemi berakhir. Sehingga dirinya tertantang menjadi salah satu perajut solusi terhadap permasalahan ini.

"Kami mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran berharap mampu menyeleraskan pemerataan akses pendidikan serta mampu menembus batas-batas wilayah," tandasnya.

Analitica adalah aplikasi edukasi yang juga untuk SBMTPN, Mandiri, Kedinasan, dan CPNS. Kini di App Store. Analitica ada di posisi 16 teratas bersaing dengan aplikasi pendidikan lain.

Ilustrasi ujian. (Foto: Antara)
Ilustrasi ujian. (Foto: Antara)

Untuk jumlah unduhannya, aplikasi Analitica.id diunduh 20 ribu kali. Untuk koordinasi tim, Hilmy lebih banyak melalui remote atau work from home dan berharap, aplikasi Analitica bisa menjadi solusi terhadap masalah pendidikan di Indonesia.

"Pandemi COVID-19 menciptakan tantangan tersendiri pada proses bekerja. Bisa saya katakan, tim Analitica tersebar dari Sabang sampai Merauke," tegas Hilmy. (Andika Eldon/Surabaya)

Baca Juga:

Para Barista Saling Unjuk Gigi di Babak Semifinal ICE 2021

#Inovasi #Mahasiswa #Ujian Sekolah
Bagikan
Bagikan