Bantu Belajar Siswa, PPSU Kelurahan Duri Pulo Urunan Berikan Wifi Gratis PPSU Kelurahan Duri Pulo menyediakan wifi gratis bagi para pelajar. Foto: MP/Kanu

MerahPutih.com - Kelompok Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Duri Pulo menunjukkan kepeduliannya membantu pelajar untuk bisa aktif dalam kegiatan belajar secara online.

Salah satu caranya adalah urunan menyediakan wifi gratis bagi para pelajar dengan urunan setiap anggota. Aula sebuah masjid pun disulap menjadi tempat belajar dengan fasilitas internet lengkap bagi para pelajar tak mampu di sekitar mereka.

Baca Juga

Pengusaha E-Commerce Apresiasi Bantuan Rp2,4 Juta bagi UMKM

Untuk tetap menjaga protokol kesehatan, seluruh siswa dan relawan pengajar wajib menggunakan masker melewati bilik disinfektan pengecekan suhu tubuh serta mencuci tangan.

Para pahlawan orange ini berencana menularkan ide tersebut kepada PPSU di Keluarahan lain, agar banyak anak tak mampu tetap bisa ikut belajar daring.

PPSU Kelurahan Duri Pulo menyediakan wifi gratis bagi para pelajar. Foto: MP/Kanu

Koordinator PPSU Kelurahan Duri Pulo, Angga mengatakan, pihaknya memasang sejumlah Wifi di beberapa masjid. Seperti di RW 07, 08, 12 dan 04.

"Setiap masjid bisa digunakan 20 pelajar," jelas Angga ditemui di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (31/8).

Angga menuturkan, meski kapasitas wifi hanya mampu menampung 20 pelajar, namun antusiasme pelajar lain mengukuti kegiatan ini sangat tinggi. Tingkat pendidikannya pun hampir beragam, mulai dari pelajar SD, SMP dan SMA.

"Bisa 22 anak yang ikuti. Sebagai antisipasinya, kami minta mereka gantian memakai," terang Angga.

Awalnya, Angga dan kawan-kawan terbiasa mengadakan urunan rutin Jumat Barokah yakni menyediakan makanan gratis. Namun, karena pandemi COVID, mereka mengalihkan bantuan itu untuk anak-anak yang tengah belajar online.

"Wifi yang kami kasih dipergunakan sebagaimana mestinya. Ini hanya untuk pelajar saja bukan untuk orang lewat atau orang sekitar;" jelas Angga.

Bahkan, untuk memprketat pemakaian, setiap hari password wifi selalu diganti. Para pelajar juga tak bisa membuka konten lain selain mata pelajaran.

"Jam sekolah selesai bisa dipakai pengeloka masjid. Besoknya password kami ganti. Ada yang monitor dan menjagain. Relawan dari temen-temen karang taruna, ibu ibu PKK monitor anak anak yang belajar," tambah dia.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, Angga akan menggandeng perusahaan provider untuk membantuk menyediakan kuota gratis bagi siswa. Termasuk pihak-pihak lain seperti kantor Kelurahan dan Kecamatan.

"Ada beberapa perusahaan provider yang support kegiatan kami. Namun mereka meminta waktu fasilitasi wifi dari perusahaaan. Mereka rencananya kasih gratis untuk masjid," sebut Angga yang mengklaim aksi ini baru pertama dilakukan kelompok PPSU di DKI.

Salah satu pelajar di Masjid Jami Syiar Islam Duri Pulo, Dhani mengaku senang dengan adanya program ini. Pasalnya, selama ini siswa kelas 6 SD itu selalu kesulitan belajar akibat kendala kuota yang terbatas.

"Iya senang sekali. Bisa belajar dengan mudah," kata Dhani yang mengenakan baju pramuka ini.

Anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Duri Pulo Polsek Metro Gambir, Bripka Purwanto mengaku siap mendukung dan megawasi kelancaran program ini.

"Kami awasi pelaksanaanya di lapangan dan ikut mendukung siswa belajar melalui wifi gratis ini;" kata Purwanto.

Pemerintah Kota Jakarta Pusat melalui program internet untuk semua atau JakWIFI menyediakan 1.953 titik jaringan internet gratis atau wifi di wilayah tersebut. Wi-Fi ini disediakan bagi warga Jakarta Pusat, terutama para pelajar yang mengikuti pembelajaran jarak jauh atau PJJ.

Baca Juga

Yosi Project Pop Tantang Penuduh Buktikan Dirinya Bayar Influencer Pemerintah

Wi-Fi gratis tersebut di antaranya tersebar di tiga titik sekolah, yakni SDN 01 Galur, SMPN 156, dan SMAN 10. Ada juga di lima kantor kelurahan, yakni Kelurahan Kenari, Petojo Selatan, Kwitang, Kebon Kosong, dan Karang Anyar.

Beberapa titik Wi-Fijuga ada di 39 taman, 37 RPTRA, tiga di kompleks kantor Wali Kota Jakarta Pusat, dua dari pihak Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Aptajel), dan 1.864 dari pihak Molecool. Untuk menjaga keamanan, jaringan-jaringan internet tersebut dipasang password. (Knu)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pekerja Asing Pemegang Kitas dan Kitap Bisa Vaksinasi di Indonesia
Indonesia
Pekerja Asing Pemegang Kitas dan Kitap Bisa Vaksinasi di Indonesia

Menteri Kesehatan segera menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) untuk mengatur Vaksin Gotong Royong, termasuk soal harga.

Gibran Kecolongan, 542 Warga Berhasil Curi Start Mudik ke Solo
Indonesia
Gibran Kecolongan, 542 Warga Berhasil Curi Start Mudik ke Solo

Satgas COVID-19 Solo, Jawa Tengah, mencatat sebanyak 542 orang pemudik telah berhasil mencuri start pulang ke Solo. Data tersebut tersebut tercatat mulai tanggal 22 April sampai 2 Mei.

MA Kembali Sunat Hukuman Terpidana Korupsi Eks Legislator PKB
Indonesia
MA Kembali Sunat Hukuman Terpidana Korupsi Eks Legislator PKB

Putusan tersebut diputuskan Majelis PK MA yang terdiri dari Andi Samsan Nganro selaku Ketua Majelis

Sepekan Tahapan Kampanye Pilkada di Jateng, Bawaslu Temukan Pelanggaran di 4 Daerah
Indonesia
Sepekan Tahapan Kampanye Pilkada di Jateng, Bawaslu Temukan Pelanggaran di 4 Daerah

"Tahapan kampanye sudah berlangsung sepekan. Ada empat daerah yang melakukan pelanggaran," ujar Wahyu

Aparat Harus Proses Hukum Pelaku Perusakan Alam di Flores
Indonesia
Aparat Harus Proses Hukum Pelaku Perusakan Alam di Flores

Terjadinya bencana alam di Flores, Nusa Tenggara Timur yang memakan puluhan korban jiwa dinilai jadi momentum mengusut pelaku perusakan hutan dan alam.

Ratusan Pengungsi Merapi Kembali ke Rumah
Indonesia
Ratusan Pengungsi Merapi Kembali ke Rumah

Pemerintah sudah menyiagakan seluruh posko pengungsian

Sembilan Orang Jadi Korban Bom Bunuh Diri di Depan Gereja Katedral Makassar
Indonesia
Sembilan Orang Jadi Korban Bom Bunuh Diri di Depan Gereja Katedral Makassar

"Dari masyarakat ada sembilan orang, lima petugas gereja dan empat anggota jemaah. Kejadian saat pelaksanaan Misa Mu Minggu Palma," kata Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Merdisyam

Dewas KPK Masih Kumpulkan Bukti Dugaan Pelanggaran Etik Lili Pintauli
Indonesia
Dewas KPK Masih Kumpulkan Bukti Dugaan Pelanggaran Etik Lili Pintauli

"Tim sedang melakukan pengumpulan bukti-bukti, tapi tidak bisa kami sampaikan keterangan saksi bagaimana dan sebagainya karena ini dugaan pelanggaran etik," kata Albertina di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (24/6).

Ketua MPR Dukung OJK Dibubarkan
Indonesia
Ketua MPR Dukung OJK Dibubarkan

Apalagi kini situasi OJK sedang di titik nadir lantaran mendapat sorotan dari DPR