Bantu Atasi Pemanasan Global dengan Tanaman Lidah Mertua Lidah Mertua, tanaman anti polusi udara (Sumber: Instagram/metimefactory)

POLUSI udara menjadi salah satu ancaman bagi Bumi tempat kita tinggal saat ini. Kurangnya lahan hijau di kota-kota besar hingga penggunaan berlebih kendaraan bermotor menyumbang banyak gas karbon dioksida ke udara.

Gas karbon dioksida akan membentuk dinding di atmosfer Bumi. Dinding tersebut akhirnya memantulkan kembali energi yang seharusnya keluar dari Bumi dan membuat suhu semakin panas. Efek ini disebut sebagai efek rumah kaca yang akhirnya membawa masalah baru, pemanasan global.

Apa sih kehebatan tanaman bernama latin 'sansevieria' ini (Sumber: Instagram/faukahhouse79)
Apa sih kehebatan tanaman bernama latin 'sansevieria' ini (Sumber: Instagram/faukahhouse79)

Akibat pemanasan global, gunung-gunung es di kutub mencair dan menyebabkan kenaikan permukaan laut. Apabila permukaan laut terus meningkat, maka beberapa negara kepulauan ditakutkan akan tenggelam. Selain itu, pemanasan global juga mengakibatkan adanya perubahan iklim yang drastis.

Melihat besarnya dampak yang dihasilkan, masalah pemanasan global menjadi penting. Berbagai solusi mulai dilakukan seperti pengurangan penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil, pembentukan dan peluasan kawasan hijau, mengurangi penggunaan barang yang nantinya harus dibakar ketika menjadi sampah, dan masih banyak lagi.

Jika kamu sahabat MerahPutih ingin ikut membantu mengurangi polusi udara, kamu bisa mencontoh pemerintah provinsi DKI Jakarta. Pemerintah provinsi DKI Jakarta berencana menanam tanaman "lidah mertua" di kantor wali kota dan beberapa kantor dinas untuk menbantu mengurangi polusi udara.

Di malam hari pun, lidah mertua tetap produksi oksigen (Sumber: Instagram/faukahhouse79)
Di malam hari pun, lidah mertua tetap produksi oksigen (Sumber: Instagram/faukahhouse79)

Kenapa tanaman lidah mertua dipilih oleh pemprov DKI Jakarta? Ternyata menurut penelitian dari National Aeronautics and Space Administration (NASA) di tahun 1999, tanamanini dapat menyerap hingga 107 unsur polutan berbahaya di udara. Oleh karena itu semakin banyak tanaman ini maka semakin besar pula dampak positif yang dihasilkan.

Penelitian lain yang membuktikan kehebatan dari lidah mertua adalah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Naresuan Thailand. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa tanaman lidah mertua menyerap gas karbon dioksida secara efektif. Untuk membersihkan 1 ruang kantor besar hanya dibutuhkan 4-5 tanaman lidah mertua saja.

Kelebihan lain dari tanaman lidah mertua adalah sifatnya yang dapat bertahan di hampir setiap situasi. Baik itu terkena sinar matahari terik, tidak terkena sinar matahari, atau hanya diberi sedikit air. Hebatnya lagi tanaman lidah mertua juga mengeluarkan oksigen di malam hari. Padahal tanaman lain akan melakukan respirasi, yakni menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida ketika malam hari atau saat mereka tidak mendapatkan sinar matahari. (sep)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH