Banten Siap Optimalkan Potensi Wisata Pulau-Pulau Kecil  Pulau Umang, Kabupaten Pandenglang, Banten. (Foto: http://pulau-umang.com)

MerahPutih.Com - Wisata pulau di masa mendatang berpotensi jadi destinasi wisata alternatif bagi Provinsi Banten. Pasalnya, ada sekitar 22 pulau kecil di Banten namun belum dimaksimalkan untuk kepentingan pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati mengatakan, Gubernur memberikan perhatian besar terhadap potensi-potensi wisata setempat, salah satunya keindahan alam yang ada di pulau-pulau.

Eneng sebagaimana dikutip dari Antara, mengakui potensi pulau-pulau tersebut belum tergarap secara optimal sebagai destinasi wisata. Oleh karena itu ia berharap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) mengidentifikasi potensi-potensi tersebut.

"Kami berharap DKP juga memetakan profilnya secara detil untuk memudahkan dalam pengambilan kebijakan untuk tahapan pengelolaannya. Sehingga bisa dilakukan pembahasan bersama dengan OPD terkait termasuk Dinas Pariwisata dalam penataan destinasinya," kata Eneng Nurcahyati di Serang, Jumat (15/9).

Menurutnya, beberapa wisata pulau di Banten tersebut diantaranya Pulau Umang, Pulau Tunda, Pulau Dua atau Pulau Burung, Pulau Lima, Pulau Sangiang, Pulau Merak Besar dan Kecil.

Menurut Eneng, destinasi pulau tersebut masih perlu ditata dan dilengkapi dengan 3A yakni atraksi, amenitas dan aksesibilitas.

"Itu sebagai indikator agar destinasi wisata kita berdaya saing," kata Eneng.

Sebelumnya Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, Provinsi Banten memiliki banyak pulau yang sejatinya bisa dijadikan sebagai destinasi wisata. Sayangnya, potensi tersebut belum tergarap optimal.

Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan hal tersebut saat memberikan jawaban atas pemandangan umum fraksi-fraksi terkait perubahan APBD 2017 Banten dan raperda RPJMD 2017-2022, di DPRD Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (14/9).

Menurut Wahidin, ada 22 pulau di Provinsi Banten yang belum memiliki nama. Selain itu, tidak sedikit pulau-pulau lainnya yang memiliki potensi wisata namun tidak bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata yang bisa menyedot wisatawan.

"Kita berharap dengan 22 pulau yang belum ada namanya. Masih ada yang belum dimaksimalkan sebagai destinasi kita. Banten ini kalau destinasi wisatanya dikembangkan akan sangat luar biasa," kata Wahidin Halim.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH