Banten Diguncang Gempa 5,4 Magnitudo, Terasa hingga Jakarta Gempa Banten, Selasa (7/7). Foto: BMKG

MerahPutih.com - Gempa bumi berkekuatan 5,4 Magnitudo mengguncang wilayah Banten pada Selasa (7/7) pukul 11.44 WIB. Bahkan, goyangan gempa terasa hingga DKI Jakarta.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Pusat gempa berada di 6.69 Lintang Selatan dan 106.14 Bujur Timur atau tepatnya 18 km Rangkas Bitung, Banten.

Baca Juga

Digoyang Gempa Magnitudo 6,1, Ini Kesaksian Warga Jepara

Kedalaman gempa sekitar 82 kilometer dari permukaan tanah. Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Wilayah yang merasakan gempa yakni III-IV Lebak, III Cihara, III Rangkasbitung, III Bayah, III Pandeglang, III Malingping, III Cibeber, III Banjarsari, III Sukabumi, II-III Jakarta, II-III Depok, II-III Bandung, II Tangerang Selatan, II Bakaheuni.

"Tadi kerasa dikit," kata Pemred MerahPutih.com, Thomas Kukuh di Jakarta.

Gempa
Gempa Banten, Selasa (7/7). Foto: BMKG

Sebelumnya, Kabupaten Jepara di Provinsi Jawa Tengah pada Selasa pagi tadi pukul 05.54 WIB juga digoyang gempa dengan magnitudo 6,1Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang berpusat di koordinat 6.12 Lintang Selatan dan 110.55 Bujur Timur, sekitar 53 km barat laut Jepara, pada kedalaman 578 km tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Dilansir Kantor Berita Antara, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Arwin Noor Isdianto mengatakan bahwa belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa tersebut.

Baca Juga

Ini Yang Bikin Gempa di Jepara Terasa Sampai NTB

"Gempa tersebut memang tidak dirasakan oleh warga, termasuk informasi di wilayah pantai hingga kini juga tidak ada laporan masuk terkait gempa tersebut," katanya. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH