Bantal Leher Ternyata Memiliki Efek Samping, Ini Penjelasan Dokter Bantal leher bisa menimbulkan efek samping (foto: bustle)

BANTAL leher merupakan sebuah benda yang kerap digunakan oleh seseorang ketika bepergian. Seperti saat naik pesawat, kereta ataupun mobil.

Seperti yang dilansir dari laman alodokter, inovasi bantal leher sebetulnya ditujukan guna memudahkan orang untuk beristirahat saat tengah berada didalam perjalanan.

Karena orang-orang yang mudik dengan menghabiskan perjalanan berjam-jam, sangat sulit untuk bisa merasa nyaman dengan posisi tersebut.

Jangan asal pilih bantal leher (Foto: sg.osim)

Menurut dr. Amadeo D. Basfiansa, Ketidaknyamanan dan kekakuan tersebut bisa berasal dari kepala yang terlalu tegahk, atau juga terlalu miring. Hingga otot leher berusaha keras untuk menyangganya.

Lain halnya disaat kita tidur telentang di kasur, di mana beban kepala kita ditopang oleh kasur, bukan leher.

Hal itulah yang berusaha untuk dicegah dengan penggunaan bantal leher, khususnya yang berbentuk U. Terkait bentuknya, bentuk U sengaja dibuat agar kepala tak terlalu tertekuk, baik disaat miring ke kiri, kanan maupun ke belakang.

Jika salah pilih ukuran dan bahan bantal, bisa jadi malah menyakitkan leher kamu (foto: theatlantic)

Tapi, bantal leher dibuat dengan berbagai ukuran serta bahan. Tak semuanya nyaman bagi semua orang. Seperti halnya bantal leher yang terlalu kecil atau terlalu besar, bisa jadi malah mengganggu istirahat seseorang, juga yang terbuat dari bahan terlalu keras yang bisa menyakitkan.

Bahan yang paling baik untuk bantal leher ialah yang terbuat dari memory foam, yaitu bahan yang bisa 'mengingat' posisi paling nyaman tiap penggunanya.

Jadi kesimpulannya ialah bantal leher bagus untuk mencegah kaku leher. Tapi betul juga jika bantal leher bisa menyebabkan leher keselo.

Jika pemilihan tepat, bantal leher bisa mencegah kaku leher (foto: coreproducts)

Tapi perlu dicatat, yang bisa mencegah ialah yang sesuai ukurannya untuk kamu dan bahannya bagus. Sementara yang dapat menyebabkan kelher keseleo ialah yang ukurannya tidak pas, serta bahannya terlalu keras dan tak fleksibel.

Baca juga: Cara Ampuh Hindari Kejahatan Hipnotis Saat Mudik Lebaran

Cara membedakannya cukup mudah, selain dengan bertanya pada penjual, kamu bisa mencobanya sendiri apakah nyaman atau tidak. Jika setelah mencobanya kamu merasa tak nyaman atau leher kamu merasa nyeri, brarti bantal tersebut tidak cocok. Jika demikian, sebaiknya jangan digunakan lagi karena berpotensi menyakiti leher kamu. (ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH