Bantah Keterangan Iwan, Pengacara Kivlan Zen: Ceritanya Berbanding Terbalik Tersangka kasus dugaan makar Kivlan Zen saat mendatangi Bareskrim untuk jalani pemeriksaan lanjutan (Foto: antaranews)

MerahPutih.com - Kuasa Hukum Kivlan Zen, Muhammad Yuntri membantah jika kliennya yang memerintahkan tiga tersangka untuk membunuh empat tokoh nasional dan seorang pimpinan lembaga survei.

Sebelumnya, kepolisian merilis peran tersangka Kivlan Zen dalam kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal dan pembunuhan berencana terhadap empat tokoh nasional dan seorang direktur eksekutif lembaga survei. Peran Kivlan terungkap dari keterangan para saksi, pelaku, dan sejumlah barang bukti.

"Sampai saat ini kita mau ketemu Iwan enggak bisa, dikhawatirkan cerita Iwan dengan yang kami terima dari Pak Kivlan itu berbeda," kata Yuntri kepada wartawan di Jakarta, Rabu (12/6).

Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zein. (Ist)
Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zein. (Ist)

Baca Juga:

Kivlan Zen Siapkan Uang Beli Senjata untuk Bunuh 4 Tokoh Nasional dan Yunarto Wijaya

Menurutnya, apa yang disampaikan Iwan berbanding terbalik dengan pernyataan Kivlan Zen. Terkait senjata api yang dimiliki Kivlan, kata Yuntri, Iwan justru menawarkan diri melakukan perburuan babi hutan di sekitar kediaman Kivlan di Bogor, Jawa Barat. Bukan diberikan cuma-cuma.

"Jadi Iwan itu diperintah jadi sopirnya, karena rumah pak Kivlan di Gunung Picung, Bogor, maka itu kan masih ada hutan-hutannya banyak babi. Iwan bilang ini ada senjata Pak. Pak Kivlan bilang itu bukan untuk bunuh babi tapi bunuh tikus," terang Yuntri.

Lebih lanjut Yuntri mengakui terkait penyerahan uang Rp 150 juta memang diberikan untuk demo menolak hasil pemilu. Namun, bukan untuk aksi 21-22 Mei 2019 melainkan memperingati momentum Supersemar.

"Kan ada peringatan Supersemar, dia diberikan uang untuk demo sekitar SGD 15 ribu atau Rp 150 juta. Enggak tahu melaksanakan atau tidak, tiba-tiba sekarang ini muncul dan ceritanya malah dibalik yang dibikinnya pengakuan dari polisi," tukas Yuntri. (Knu)

Baca Juga: Kivlan Zen Disebut Otak Rencana Pembunuhan Tokoh Nasional, LPSK: Polisi Harus Profesional


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH