Bisnis
Bank Syariah Indonesia dan LAZ BSMU Sukses Cetak Sociopreneur Milenial Pemberian penghargaan kepada tiga pemenang Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP). (Foto: Istimewa)

BANK Syariah Indonesia (BSI) berkolaborasi dengan Lembaga Amil Zakat Bangun Sejahtera Mitra Umat (LAZ BSMU) mencetak wirausahawan baru dari kalangan milenial lewat program Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP).

Program yang berlangsung sejak 2018 serta didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini sudah mencetak 130 mahasiswa entrepreneur dari berbagai universitas di Indonesia.

Baca juga:

Banjir Untung, Ini Bisnis Tepat Bagi Generasi Muda

ISDP sendiri adalah program beasiswa inkubator bisnis untuk mencetak generasi milenial sebagai sociopreneur muslim yang cakap berwirausaha, memiliki kepedulian sosial yang tinggi, dan berdaya guna di masyarakat.

Program ini merupakan salah satu wujud kepedulian Bank Syariah Indonesia bersama LAZ BSMU terhadap generasi milenial bangsa Indonesia sekaligus berkontribusi terhadap pengembangan sektor UMKM yang sejalan dengan arahan Presiden RI.

Pada 2021, Program ISDP telah meluluskan 77 mahasiswa menjadi sociopreneur baru yang memiliki usaha di berbagai bidang. Dari jumlah tersebut, tiga diantaranya terpilih menjadi pemenang yaitu Latifriansyah - Kiwae Food, Koes Hendra & Benny Akbar – Sugeng Jaya Farm dan Bintang Wijaya – Bikin Bareng Creative.

Upacara wisuda dan penyerahan penghargaan dilakukan di Wisma Mandiri Jakarta, Kamis (25/3). Seremoni tersebut dihadiri juga oleh Wakil Direktur Utama 1 Bank Syariah Indonesia Ngatari, Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM RI Talkah Badrus, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah KNEKS Putu Rahwidhyasa serta Ketua Umum Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat Suhendar.

Menurut Wakil Direktur Utama 1 Bank Syariah Indonesia Ngatari, Bank Syariah Indonesia bangga dapat menghasilkan pewirausaha baru melalui program ISDP.

“Kami berharap, melalui program ini akan muncul enterprenuer muda yang dapat menjadi agen kebaikan dan motor penggerak ekonomi Syariah serta bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga ke depan dapat membantu mendorong ekonomi Indonesia tumbuh ke arah yang jauh lebih baik,” kata Ngatari.

Baca juga:

Tidak Selalu Inovasi, Bangun Relasi Agar Bisnis Sukses

Bank Syariah Indonesia dan LAZ BSMU Cetak Sociopreneur Milenial
Memulai bisnis sejak usia muda. (Foto: Pixabay/jarmoluk)

Kategori wirausaha pada program ISDP ini meliputi fashion, handy craft & industry kreatif, kuliner, jasa, peternakan & pertanian dan kesehatan.

Pemenang dipilih dengan berbagai kriteria penilaian diantaranya proses pemasaran, produksi, keuangan, membangun SDM, pemberdayaan sociopreneur yang melibatkan masyarakat dan ramah lingkungan.

BSI sendiri mendorong perkembangan sociopreneur melalui pendampingan dan penguatan modal usaha dengan berbagai produk, dari mulai tabungan, pembiayaan UMKM, serta layanan digital yang dapat memfasilitasi para sociopreneur dalam bertransaksi sesuai prinsip-prinsip syariah.

Ketua Umum Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat Suhendar mengemukakan, LAZ BSMU berupaya untuk menjadi Lembaga pengelola ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh, dan Wakaf) dan dan dana sosial serta dana CSR yang terpercaya, terdepan, dan modern.

“Dengan bersinergi dengan Bank Syariah Indonesia, ISDP ini diharapkan dapat menciptakan unit usaha sosial yang berkontribusi pada ekonomi, sosial, atau lingkungan sesuai dengan nilai islami,” jelas Suhendar. (*)

Baca juga:

'Solusi Bisnis Online' untuk Pelaku Usaha di Masa Pandemi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pentingnya Personal Branding di Sebuah Perusahaan
Fun
Pentingnya Personal Branding di Sebuah Perusahaan

Apakah kamu ingin membiarkan reputasi perusahaan ditentukan oleh orang lain?

Air Jordan 4 Taupe Haze Rilis Akhir Pekan ini
Fun
Air Jordan 4 Taupe Haze Rilis Akhir Pekan ini

Setelah mengalami penundaan kabarnya sepatu ini akan dirilis pada tanggal 27 Februari tahun ini.

Wisuda Online, Kelulusan tanpa Keriuhan
Fun
Wisuda Online, Kelulusan tanpa Keriuhan

Wisuda online, keriuhan yang sepi.

Unik, Museum ini Minta Pengunjung untuk Mencium Aroma Lukisan
Fun
Unik, Museum ini Minta Pengunjung untuk Mencium Aroma Lukisan

Pengunjung dapat menghirup aroma harum dan busuk dari abad ke-17.

November Berani Baru
Hiburan & Gaya Hidup
November Berani Baru

Banyak orang punya segudang gagasan, konsep, dan strategi baru di notebook atau unggahan medsosnya. Namun, hanya itungan satu jari satu tangan berani mewujudkannya di masa pandemi.

Investor Makin Bervariasi, Industri Film Indonesia Diharapkan Pulih
Fun
Investor Makin Bervariasi, Industri Film Indonesia Diharapkan Pulih

Menjadikan film Indonesia sebagai alat untuk berinvestasi,

Cuci Tangan, Cara Paling Efektif untuk Setop Pandemi
Hiburan & Gaya Hidup
Cuci Tangan, Cara Paling Efektif untuk Setop Pandemi

Sabun menjebak dan menghilangkan kuman bersama dengan minyak dan puing-puing lain yang ada di tangan kita.

Alasan Minta Maaf Paling Basi Ketika Lupa Hari Ulang Tahun Pasangan
Hiburan & Gaya Hidup
Alasan Minta Maaf Paling Basi Ketika Lupa Hari Ulang Tahun Pasangan

Ada sejumlah trik ngeles minta maaf ampuh ketika lupa tanggal hari ulang tahun si doi

Mengenal Era Awal Munculnya K-Pop
ShowBiz
Mengenal Era Awal Munculnya K-Pop

Berikut beberapa musisi ikonik yang dikenal pada zamannya menurut All Kpop: