Keuangan

CERITA, Program Literasi Keuangan untuk Anak Indonesia di 50 Kota

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 28 Oktober 2022
CERITA, Program Literasi Keuangan untuk Anak Indonesia di 50 Kota
CERITA untuk anak Indonesia melek finansial. (Foto: merahputih.com/Andrew Francois)

"ANAK-anak biasanya uang jajan kalian digunakan untuk apa?" seru salah satu orang perwakilan Permata Bank, Jumat (28/10). Di ruang kelas Sekolah Dasar Negeri 04 Pondok Kacang Timur, Kec. Pondok Aren, Tangerang Selatan tersebut para siswa antusias membagikan pengalaman mereka dalam memanfaatkan uang jajan.

Mayoritas dari mereka menggunakan uang jajan untuk membeli makanan favorit. "Aku buat beli cimol," kata seorang siswa. Tak ada satupun dari mereka yang mulai sadar untuk menabung. Maka dari itu, hari ini Permata Bank dalam program CERITA (Cinta dan Edukasi daRI kiTA), mengedukasi para siswa untuk mulai rajin menabung untuk masa depan.

Baca Juga:

Semua Makin Bisa Bertransaksi Mobile Banking melalui 6 Fitur Ini

PermataBank melalui PermataHati CSR hari ini memulai CERITA. Program CSR ini memiliki misi utama untuk memberikan edukasi literasi keuangan kepada siswa-siswi di sekolah, mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, dan SLB (Sekolah Luar Biasa bagi penyandang disabilitas). Kegiatan ini rutin digelar sejak 2016.

CERITA sudah digelar sejak 2016. (Foto: merahputih.com Andrew Francois)

CERITA diselenggarakan serentak di 50 kota seluruh Indonesia dan melibatkan seluruh Direksi hingga sekitar 1.000 karyawan PermataBank sebagai Employee Volunteers (EVO) di masing-masing kota. Mereka mengambil peran sebagai penggerak utama kegiatan.

"Saya dan PermataBank bangga dapat kembali menyelenggarakan program CERITA tahun ini. Ini adalah momentum penting bagi kami untuk memperluas jangkauan literasi keuangan khususnya bagi generasi muda Indonesia," kata Direktur Utama PermataBank Meliza M. Rusli.

Baca Juga:

Mobile Banking, Jawaban Transaksi Keuangan Aman saat Pandemi

Ia menambahkan, sebagai pelaku usaha jasa keuangan yang diawasi oleh OJK, PermataBank berkewajiban untuk turut mendukung dan berkontribusi dalam meningkatkan angka edukasi literasi keuangan di Indonesia. Kali ini, masyarakat usia dini seperti siswa-siswi SD menjadi sasaran PermataBank.

"Program CERITA adalah langkah nyata PermataBank dalam mendorong pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2014 yang secara konsisten dimotori oleh ribuan employee volunteers kami di berbagai kota," lanjut Meliza.

para employee volunteers memberikan edukasi seputar menabung. (Foto: merahputih.com/Andrew Francois)

Dalam kesempatan di SDN 04 Pondok Kacang, Tangerang Selatan itu, para employee volunteers memberikan edukasi seputar menabung, mata uang, dan melek finansial seperti membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Menurut Meliza, PermataBank ingin agar generasi muda Indonesia cakap dalam mengelola keuangan pribadi untuk saat ini dan nanti di masa depan.

"Berbagai kegiatan edukasi keuangan juga telah kami lakukan baik untuk nasabah maupun masyarakat. Hal ini merupakan komitmen kami untuk dapat mewujudkan pembangunan berkelanjutan," ungkapnya.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 hingga saat ini, CERITA telah menjangkau lebih dari 38 ribu penerima manfaat dan 270 sekolah. (waf)

Baca Juga:

Nina Zatulini Pilih Mobile Banking untuk Penuhi Kebutuhan Harian

#Keuangan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan