Bank Sentral Eropa Perangi Inflasi Dengan Naikkan Suku Bunga

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 09 September 2022
Bank Sentral Eropa Perangi Inflasi Dengan Naikkan Suku Bunga
Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde . ANTARA/REUTERS/Wolfgang Rattay

MerahPutih.com - Inflasi di kawasan Uni Eropa yang beranggotakan 19 negara, telah mencapai tingkat yang sangat tinggi untuk waktu yang lama. Tercatat, inflasi tahunan di wilayah tersebut mencapai 9,1 persen pada Agustus.

Bank Sentral Eropa (ECB) pada Kamis (8/9) menaikkan suku bunga utama dengan rekor 75 basis poin dalam upaya untuk mengendalikan inflasi di kawasan euro.

Baca Juga:

Kenaikan BBM Bakal Dorong Inflasi 2022 Capai 6,8 Persen

Setelah kenaikan suku bunga, suku bunga pada operasi refinancing utama dan suku bunga pada fasilitas pinjaman marjinal dan fasilitas simpanan akan meningkat masing-masing menjadi 1,25 persen, 1,5 persen, dan 0,75 persen, mulai 14 September 2022, kata pernyataan yang dikeluarkan oleh ECB setelah pertemuan.

Selain itu, suku bunga simpanan telah dibawa ke wilayah positif untuk pertama kalinya dalam satu dekade. Kenaikan 75 basis poin merupakan kenaikan terbesar yang dibuat oleh ECB dalam sejarah.

Bank sentral Eropa mengatakan, kenaikan suku bunga akan diikuti oleh kenaikan lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang untuk mengekang spiral inflasi, yang menjadi luas dan mengakar.

ECB membenarkan kenaikan suku bunga dengan tingkat inflasi, yang tetap terlalu tinggi dan kemungkinan akan tetap di atas target untuk waktu yang lama.

Ketua ECB Christine Lagarde mengatakan, harga energi yang sangat tinggi mengurangi daya beli, pendapatan masyarakat, dan menghambat kegiatan ekonomi.

Dengan menaikkan suku bunga, ECB bertujuan mengurangi permintaan dan menjaga dari risiko peningkatan ekspektasi inflasi yang terus-menerus.

Bank sentral percaya bahwa inflasi akan turun begitu faktor pendorong memudar, dan kebijakannya mulai bekerja. Namun data menunjukkan bahwa situasinya bisa menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik.

ECB memperkirakan inflasi menjadi 8,1 persen pada 2022, 5,5 persen pada 2023, dan 2,3 persen pada 2024 di kawasan euro. (*)

Baca Juga:

Berbagai Langkah Pemerintah Atasi Tingginya Inflasi di Daerah

#Inflasi #Uni Eropa #Perang
Bagikan
Bagikan