Bank Penyalur Harus Pastikan Rumah Subsidi Berkualitas

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 09 Februari 2021
Bank Penyalur Harus Pastikan Rumah Subsidi Berkualitas
Pembangunan Rumah. (Foto: Kementerian PUPR)

MerahPutih.com - Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan mengingatkan bank pelaksana atau penyalur dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) menjaga kualitas rumah subsidi.

“Namun harus diingat, yang dikejar oleh bank pelaksana tidak hanya target yang ada, tetapi juga kualitas dari rumah yang diakadkan. Semua bank pelaksana dan pengembang harus peduli rumah berkualitas,” ujar Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin di Jakarta, Selasa (9/2).

Baca Juga:

Ini Cara Buat Dapat Rumah Subsidi Dengan Bantuan Rp40 Juta dari Pemerintah

Ia menyatakan, tingginya target penyaluran dana FLPP tahun 2021 ini mengharuskan bank pelaksana FLPP ekstra lebih keras dalam mengoptimalkan penyaluran.

Tahun 2021 PPDPP ditargetkan untuk menyalurkan dana FLPP sebanyak 157.500 unit senilai Rp19,1 triliun yang terdiri dari 16,6 triliun dari DIPA dan sisanya dari pengembalian pokok.

PPDPP sebagai lembaga yang mengelola dan menyalurkan dana FLPP terus menggenjot bank pelaksana untuk mulai menyalurkan dana tersebut di tahun 2021.

Penyaluran perdana dilakukan oleh BRI pada Kamis (4/2) sebanyak 42 unit dan selanjutnya pada Senin (8/2) sebanyak sebanyak 134 unit, sehingga total penyaluran dana FLPP per Senin (8/2) tercatat sebanyak 176 unit senilai Rp19,6 miliar, dengan total penyaluran dana FLPP dari tahun 2010 -2020 mencapai 765.031 unit senilai Rp55,6 triliun.

Pembangunan rumah. (Foto: Antara)
Pembangunan rumah. (Foto: Antara)

Sementara itu PPDPP sejak Jumat (5/2) mulai melakukan pilot project untuk penerapan Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) pada perumahan Bukit Rancamaya Recidence milik PT Rancamaya Griya Sentosa yang tergabung pada asosiasi perumahan Real Estate Indonesia (REI).

"Kami butuh dukungan dari semua pihak, sehingga dalam enam bulan ke depan ketika SiPetruk sudah bisa diterapkan di semester II kami bisa terus memperbaiki sistem ini hingga ditemukan titik ideal,” katanya. (Asp)

Baca Juga:

Ini Besaran Penyaluran Rumah Subsidi oleh 10 Bank Syariah

#KPR #Kredit Rumah #Rumah Subsidi
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan