Banjir Jakarta Dapat Label 'SOS Alert' dari Google Jakarta tergenang banjir. (Foto: bbc.com)

MEMASUKI 2020, sebagian warga Jakarta dan sekitarnya harus mengalami musibah banjir akibat karena hujan deras yang mengguyur sejak 31 Desember 2019. Bencana ini ditandai sebagai kondisi darurat dengan label SOS Alert pada hasil pencarian Google dan platform Maps. Label berwarna merah ini akan muncul jika pengguna menggunakan kata kunci 'banjir' dan 'banjir Jakarta' pada laman pencarian Google.

Baca juga:

Banjir Melanda, Waspada Leptospirosis Mengintai

Selain label SOS, terdapat beberapa informasi terkait banjir seperti berita-berita penting, lokasi titik banjir, serta hasil pencarian 'banjir Jakarta' di Twitter.

Banjir Jakarta Dapat Label 'SOS Alert' dari Google
Banjir Jakarta ditandai dengan peringatan SOS oleh Google. (Foto: Google)

Melansir Google, kehadiran label SOS Alert ini dipertimbangkan oleh beberapa faktor seperti konektivitas internet di area tersebut, ketersediaan konten resmi dari pemerintah dan organisasi berwenang lainnya, serta dampak yang ditimbulkan. Pemberitahuan SOS ini bertujuan untuk mempermudah pemberitahuan informasi darurat saat krisis berlangsung.

Banjir Jakarta Dapat Label 'SOS Alert' dari Google
Ada 41 titik tergenang banjir di Jakarta dan sekitarnya. (Foto: BNPB)

Dadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI menyatakan bahwa banjir yang terjadi sejak hari pertama di 2020 telah menggenangi 38 Kecamatan dan 158 Kelurahan di Jakarta. M Ridwan selaku Kepala Pusat dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta mengatakan bahwa tercatat 31.232 warga mengungsi sampai malam hari.

Dilansir dari bbc.com, Badan Nasional Penanggulanan Bencana melaporkan pada 2 Januari 2020 bahwa setidaknya ada 16 orang korban meninggal termasuk delapan orang di DKI Jakarta, satu orang di Kota Bekasi, tiga orang di Kota Depok, satu orang di Kota Bogor, satu orang di Kabupaten Bogor, satu orang di Kota Tangerang, dan satu orang di Tangerang Selatan. (Shn)

Baca juga:

Cegah Sakit saat Banjir Melanda, Lakukan Ini



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH