Banjir Ganggu Perjalanan Kereta Api Lintas Utara Banjir merendam jalur km 155+4/9 lintas Brebes-Tegal dengan 20 cm. Foto: MP/Mauritz

MerahPutih.com - Hujan deras yang melanda Brebes, Jawa Tengah, membuat rel kereta api digenangi banjir. Hal ini menggangu perjalanan kereta lintas utara.

“Banjir juga menggenangi jalur kereta api,” ungkap Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Daop) 3 Cirebon, Krisbiyantoro, Senin (12/2)

Banjir merendam jalur km 155+4/9 lintas Brebes-Tegal dengan 20 cm. Sedangkan di jalur hilir mengalami gogos di 5 titik yang kedalamannya mencapai semeter dan panjang gogosan masing-masing hingga 3 meter.

“Gogos yaitu batu-batu mengalami longsor sehingga bantalan rel menggantung,” terangnya.

Akibatnya, perjalanan kereta api,terutama yang melalui jalur utara mengalami gangguan sejak pukul 10.15 WIB. Bahkan penumpang KA Kaligung dengan relasi Brebes-Semarang Poncol bisa mengembalikan bea di stasiun keberangkatan karena perjalanan kereta api mengalami gangguan.

Sedangkan kereta api lainnya, seperti KA Argo Anggrek, KA Ciremai, KA Argomuria dan KA Tegal Bahari hanya mengalami keterlambatan keberangkatan.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat pengguna jasa kereta api yang terkena dampak keterlambatan ini,” ungkap Kris.

PT KAI juga memberikan kompensasi service recovery berupa snack dan minuman ringan kepada pengguna jasa kereta api. Pihaknya hingga kini masih terus berupaya untuk melakukan perbaikan akibat kerusakan di jalur rel yang disebabkan oleh faktor alam ini.

Sedangkan untuk menekan keterlambatan dilakukan dengan pengalihan jalur keretapi dengan jalan memutar, yaitu dari Stasiun Cirebon Prujakan diarahkan ke arah selatan melalui Ciledug hingga Prupuk. Selanjutnya melewati Slawi-Tegal dan masuk kembali ke lintas utara.

Berita ini merupakan laporan Mauritz, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH